Pakai Zoom buat Diksusi dengan Banyak Teman, Begini Caranya

Medcom.id - Teknologi dan Internet 31/03/2020
Photo by Zoom.us
Photo by Zoom.us

Oase.id- Zoom menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di tengah imbauan pemerintah berbagai negara untuk melakukan phsycal distancing atau berdiam diri di rumah.

Aplikasi konferensi ini banyak dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk berdiskusi baik soal pekerjaan, pendidikan, dan lainnya.
 
Zoom mampu menampung hingga 100 partisipan pada versi gratisnya, dan lebih dari 100 partisipan untuk versi bisnis berbayar. Tidak hanya meningkatkan jumlah partisipan yang dapat ditampung, versi bisnis berbayar ini juga menambahkan sejumlah fitur baru.
 
Baru mendengar nama Zoom dan belum mengerti cara pakainya? Berikut langkah yang perlu kamu lakukan untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini dalam menemani aktivitas pekerjaan, pendidikan, atau sekadar ngobrol-ngobrol dengan banyak teman selama berdiam diri di rumah.

1. Akses Zoom via peramban

Cara paling nyaman untuk mengakses Zoom menurut Business Insider adalah melalui peramban di PC atau laptop, via https://zoom.us/.

 

2. Setelah mengakses situs di peramban, buat akun Zoom menggunakan akun email atau Facebook, kemudian login.
 
3. Hubungkan laptop dengan webcam jika tidak berbekal kamera terintegrasi di perangkat.
 
4. Untuk smartphone, kamu perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu sebelum mendaftarkan akun.
 
5. Untuk memulai konferensi video, klik tombol New Meeting, dan Anda akan melihat gambar yang diambil oleh webcam atau kamera pada perangkat.
 
6. Undang partisipan dengan mengklik tombol Invite, yang akan mengirimkan email kepada partisipan dari aplikasi.
 
7. Untuk bergabung di konferensi, setelah menerima email, kamu hanya perlu mengklik tombol Join pada halaman utama aplikasi Zoom dan masukan Meeting ID atau Personal Link Name yang telah dibagikan. Partisipan dapat memilih untuk terhubung menggunakan hanya video, audio, atau keduanya.
 
8. Untuk berbagi file, chat, dan memberikan reaksi, alihkan mouse ke bagian bawah layar PC atau laptop, atau ketuk layar smartphone, akan menampilkan rangkaian menu yang memungkinkan kamu melakukan hal tersebut.
 
Selamat mencoba!


(SBH)