Doa Masuk Masjid Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya

Fera Rahmatun Nazilah - Doa Sehari-hari 05/06/2020
Photo by julianto saputra on Unsplash
Photo by julianto saputra on Unsplash

Oase.id- Pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai dilakukan. Tempat ibadah, terlebih Masjid mulai kembali dibuka untuk jemaah. Meskipun demikian, protokol kesehatan masih tetap harus diterapkan.

Sebelum memasuki masjid, pastikan kamu telah mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker, dan membawa sajadah sendiri. Selain itu, dahulukanlah kaki kanan dan jangan lupa membaca doa berikut;

 

أَعُوْذُ بِاللّهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ القَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ، الحَمْدُ لِلّهِ، اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ؛ اللّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

 

A’udzubillahil adzhim wa biwajhihil karim wa sulthaanihil qadiim minas syaithanir rajiim, alhamdulillah. Allahumma shalli wa sallim ‘alaa Muhammadin wa ‘alaa aalii Muhammadin. Allahummagfirlii dzunuubi waftahli abwaaba rahmatik.

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dengan wajah-Nya Yang Mulia dan kekuasaan-Nya Yang Abadi, dari setan yang terkutuk. Segala puji bagi Allah. Ya Allah, limpahkanlah selawat kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad. Ya Allah ampunilah dosa-dosaku dan bukankanlah untukku pintu rahmatmu.

Baca: Dibuka Kembali saat New Normal, Baca Doa Ini ketika Menuju Masjid

 

Doa ini sebagaimana dituliskan Imam Nawawi dalam Al-Adzkar, berdasarkan anjuran Rasulullah Muhammad Saw.

“Apabila salah seorang dari kalian masuk masjid, hendaklah ia mengucapkan salam kepada Nabi Saw, kemudian mengucapkan ‘Allahummaftahli abwaaba rahmatika.’ Dan apabila keluar masjid hendaklah mengucapkan ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’ (HR. Muslim, Abu Daud, Nasai dan Ibnu Majah) –Dalam riwayat Imam Muslim tidak ada kalimat, “hendaklah kalian mengucapkan salam kepada Nabi."

Baca: Doa Sabar Menghadapi Pendapat Ngeyel Korona Hanya Sebuah Konspirasi

 

Imam An-Nawawi juga meriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni, dari Abdullah bin al-Hasan, dari ibunya, dari neneknya, ia berkata “Rasulullah Saw apabila masuk masjid mengucapkan Alhamdulillah dan Bismillah, kemudian berkata ‘Allahummagfirli waftahlii abwaaba rahmatika’ dan apabila keluar mengucapkan ‘Allahummaftahlii abwaaba fadhlika.’

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.


(SBH)