MUI: Mari Bantu Korban Banjir, Bukan Saling Menyalahkan

Sobih AW Adnan - Bencana Banjir 03/01/2020
Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas/Antara/Anom Prihantoro
Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas/Antara/Anom Prihantoro

Oase.id- Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengajak umat Islam dan masyarakat turut membantu dan meringankan beban korban banjir di beberapa daerah, terutama wilayah Jakarta.

"Kepada masyarakat diimbau mengulurkan tangan serta membantu saudara-saudara yang mengalami kesulitan agar beban material dan kejiwaan yang mereka pikul menjadi lebih ringan," kata sosok yang karib disapa Buya Anwar tersebut di Jakarta, Kamis, 2 Januari 2020.

Jangan saling menggugat dan atau menyalahkan, kata dia, karena persoalan banjir begitu kompleks dan membutuhkan kerja sama serta pendekatan yang holistik.

"Hendaknya Pemerintah Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, dan pemerintah pusat bisa duduk bersama mencari solusi yang lebih baik untuk penanganan banjir," pesan dia.

Menurut Buya Anwar yang juga Ketua PP Muhammadiyah itu, banjir tahun ini tergolong dahsyat sehingga mendatangkan kerugian yang cukup besar.

MUI, kata dia, mengimbau masyarakat yang ditimpa musibah tetap tabah dan sabar dalam menghadapi ujian. 

"Mudah-mudahan dengan demikian Allah Swt akan mengganti semua kerugian yang didapat dengan yang lebih baik lagi," katanya.


(SBH)