Jangan Asal Menyumbang, Ini 5 Barang yang Dibutuhkan Korban Banjir

Phooby Kamaratih - Bencana Banjir 13/01/2020
Ketua Yayasan Media Group, Ali Sadikin (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir di Jalan Ade Karya, Kedoya Selatan, Jumat (3/1/2020)/MI/AGUNG WIBOWO
Ketua Yayasan Media Group, Ali Sadikin (kanan) secara simbolis menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban banjir di Jalan Ade Karya, Kedoya Selatan, Jumat (3/1/2020)/MI/AGUNG WIBOWO

Oase.id- Perkara banjir kerap mengiringi datangnya musim penghujan di Indonesia. Bencana ini, tak jarang pula mengundang keprihatinan karena banyaknya korban yang membutuhkan uluran bantuan baik berupa uang, pakaian, dan beberapa keperluan lainnya.

Tapi, ketika ingin turut membantu, jangan asal menyumbang. Pertimbangkan hal-hal berikut agar barang-barang yang disumbangkan tidak menjadi mubazir.

 

Kondisi pakaian

Kondisi pakaian yang akan diberikan kepada korban banjir harus benar-benar telah melewati pertimbangan apakah baju-baju tersebut masih layak digunakan, atau tidak. Periksa kembali pakaian tersebut apakah terdapat robekan pada pakaian atau kancing yang sudah tidak lengkap.

 

Perlengkapan bayi

Kadang perlengkapan bayi luput dari list prioritas bantuan untuk korban bencana. Padahal, perlengkapan ini sangat penting untuk pada para ibu yang memiliki bayi. Para ibu korban banjir biasanya sangat membutuhkan popok, dot, pakaian bayi, dan camilan untuk anak-anak di pengungsian.

 

Camilan sehat

Donasi makanan untuk korban banjir biasanya hanya menghasilkan tumpukan mi instan yang mungkin sangat membosankan bagi para korban. Cobalah salurkan camilan sehat. Selain mengurangi kebosanan, uluran bantuan ini akan membantu memberikan suplemen yang baik di saat kondisi yang serba terbatas. 


Obat-obatan darurat

Dalam keadaan darurat memerlukan banyak hal-hal yang diperlukan secara mendadak. Contohnya, obat-obatan untuk penanganan pertama seperti perban, pereda luka, minyak angin, vitamin, dan sejenisnya.

Bantuan berupa obat-obatan sangat dibutuhkan terlebih cuaca yang tiba-tiba berubah dan kondisi tenda pengungsian yang biasanya tidak tertutup.

 

Kantung tidur

Kantung tidur biasa dipakai saat berwisata di gunung. Akan tetapi, kantung tidur juga dibutuhkan bagi para pengungsi untuk menjaga badan tetap hangat pada malam hari. Terutama untuk para bayi dan anak-anak.


(SBH)