Bergerak Positif, Komunitas dan Layanan Manajemen Stres untuk Remaja

Phooby Kamaratih - Psikologi Remaja Komunitas Anak Muda 12/02/2020
Photo by @bergerakpositif.id
Photo by @bergerakpositif.id

Oase.id- Isu kesehatan menjadi perbincangan nyaris di semua kalangan. Kesadaran terhadap kesehatan yang dimiliki masyarakat pun mulai bersifat detil dan menyeluruh, dari kesehatan fisik, hingga mental. 

Akan tetapi, bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang informasi seputar kesehatan mental, bolehlah bergabung dalam komunitas Bergerak Positif. Melalui perkumpulan ini, kalangan remaja diharapkan bisa memahami tentang langkah-langkah pengelolaan stres dan emosi secara lebih baik.

Managing Director Bergerak Positif Maharani Tyas Budi Hapsari menjelaskan, keberadaan komunitas yang digagasnya bermula dari keprihatinan terhadap kondisi remaja di Indonesia yang tidak memdapatkan wadah untuk berbagi terkait permasalahan psikis yang dimiliki. Biasanya, remaja akan dengan gampang meluapkan emosi negatif melalui saluran media sosial. 

"Komunitas Bergerak Positif memiliki tema utama manajemen stres. Kami berusaha untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi dengan empat produk utama berupa survival kit, Bergerak Positif Support Group, Counselling on Cafe, dan Counselling Online,", ujar Marahani kepada Oase.id, Rabu, 12 Februari 2020.

Bergerak Positif didirikan pada 2016 di Yogyakarta. Kelahiran komunitas ini tidak lepas dari 4 orang mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) yang memiliki latar belakang jurusan berbeda. Mereka adalah Dinda Ayu (Agribisnis 2013), Maharani Hapsari (Psikologi 2013), Prajaka Brian (Teknologi Jaringan 2013), dan Muhammad Fachrizal (Teknik Fisika 2013).

 

Agenda rutin

Dengan 4 produk andalannya, Bergerak Positif melaksanakan serangkaian agendanya dalam bentuk dwi-bulanan di Jakarta dan Yogyakarta. 

"Kami juga mengadakan campaign untuk acara tertentu. Misalnya, dalam rangka memperingati mental health week, dan hari internasional penghapusan kekerasan terhadap perempuan, atau kampanye lain yang berhubungan dengan isu-isu psikologi," kata Maharani. 

Bagi para remaja yang memiliki kebutuhan pencerahan seputar keluhan emosi dan psikologis, tim konsultasi Bergerak Positif bisa memberikan pelayanan dan pendampingan secara maksimal.

 

Cara akses

Bergerak Positif hadir untuk membantu konsultasi pengelolaan stres bagi remaja berusia 17 sampai 35 tahun. Psikolog Bergerak Positif akan memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dimiliki setiap klien.

embed

Managing Director sekaligus Co-Founder Bergerak Positif Maharani Tyas Budi Hapsari/bergerakpositif.id

 

"Layanan utama Bergerak Positif ini dikenakan biaya tertentu. Akan tetapi, kami pastikan tetap terjangkau. Para remaja juga bisa mendapatkan layanan cuma-cuma melalui program Bergerak Positif Support Group," ujar dia.

 

Bergabung                                                                                                  

Bergerak Positif membuka open member untuk setiap tahunnya. Teknisnya, calon anggota akan diminta mengisi form pendafataran untuk melengkapi dengan data diri.

"Anggota Bergerak Positif terbuka untuk usia 17 tahun ke atas dan terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia. Setiap kali rekrutmen, kami hanya menerima 15-20 orang," ujar Maharani. 

 

Baca: Apa Itu Bipolar? Ini Gambaran, Ciri, dan Cara Menanggapinya

Keuntungan yang diperoleh jika bergabung dengan Bergerak Positif antara lain support informasi dan jaringan di seluruh Indonesia. Anggota juga akan dilibatkan dalam beragam pelatihan bertema How to manage emotion secara berkala, serta dalam program Free counselling online.

"Target utama bergerak positif adalah membantu masyarakat Indonesia dalam mengelola stres melalui berbagai layanan psikologi yang berkelanjutan," Tutup Maharani.

Tertarik dengan komunitas Bergerak Positif? Silakan ikuti informasi lengkapnya melalui akun Instagram @bergerakpositif.id


(SBH)
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan