5 Makanan Ini Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Menjelang Puasa

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 06/04/2021
Gambar oleh Thomas H. dari Pixabay
Gambar oleh Thomas H. dari Pixabay

Oase.id – Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk penyakit jantung. Untuk menurunkan tekanan darah para pengidap hipertensi biasa menggunakan obat-obatan. Namun, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah.

Salah satunya adalah mengubah gaya hidup seperti modifikasi pola makan. Hal ini diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Modifikasi pola makan sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga tingkat optimal tekanan pada darah. Maka dari itu Oase.id, menghimpun beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah:

1. Buah Sitrus

Buah jeruk, termasuk jeruk bali, jeruk, dan lemon merupakan kelompok buah yang termasuk buah sitrus. Buah ini memiliki efek menurunkan tekanan darah. Kandungan seperti vitamin, mineral, dan senyawa lainnya dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Studi 2020 yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa asupan jus lemon setiap hari dikombinasikan dengan berjalan kaki secara signifikan, berkorelasi dengan penurunan tekanan darah sistolik (SBP), sebuah efek yang dikaitkan para peneliti dengan asam sitrat dan kandungan flavonoid lemon.

2. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, seperti klorogenik, p-coumaric, dan asam caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Meskipun wortel dapat dinikmati dalam keadaan di masak atau mentah, memakannya mentah mungkin lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah Studi dari The National Institutes of Health yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

3. Seledri

Seledri merupakan sayuran populer yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah. Hal ini berkaitan dengan kandungan senyawa yang disebut phthalides pada seledri yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. Pada studi yang mengaitkan asupan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah menemukan bahwa di antara sayuran masak yang biasa dikonsumsi, termasuk asupan seledri yang di masak secara signifikan dikaitkan dengan penurunan tekanan darah.

4. Brokoli

Brokoli sarat dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Sebuah studi dari The National Institutes of Health yang memasukkan data dari 187.453 orang, menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 atau lebih porsi brokoli per minggu memiliki risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

5. Bayam

Bayam kaya akan nitrat, antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium yang menjadi salah satu pilihan terbaik untuk orang dengan tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian pada 27 orang, mereka yang mengonsumsi 16,9 ons (500mL) sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan SBP dan DBP. Sup bayam juga menurunkan kekakuan arteri, yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa makanan di atas dapat menjadi bentuk ikhtiar untuk memperoleh kesehatan dan sebagai bentuk rasa syukur dan pujian pada makanan setelah mengonsumsinya. Sebagaimana hadits dari Anas bin Malik:

حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ وَمُحَمَّدُ بۡنُ بِشۡرٍ، عَنۡ زَكَرِيَّاءَ بۡنِ أَبِي زَائِدَةَ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ أَبِي بُرۡدَةَ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ. قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ:
 (إِنَّ اللهَ لَيَرۡضَىٰ عَنِ الۡعَبۡدِ أَنۡ يَأۡكُلَ الۡأَكۡلَةَ فَيَحۡمَدَهُ عَلَيۡهَا، أَوۡ يَشۡرَبَ الشَّرۡبَةَ فَيَحۡمَدَهُ عَلَيۡهَا)

Dari  Anas  bin  Malik ia  berkata:

Rasulullah ﷺ bersabda: "Sesungguhnya Allah akan ridha kepada hamba-nya yang makan sebuah makanan lalu ia memuji-Nya atas makanannya itu, atau ia minum sebuah minuman lalu ia memuji-Nya atas minuman itu." (ShahihMuslim, hadits no. 89-(2734)).


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus