5 Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Siti Mahmudah - Tips Kesehatan Ramadan 2023 Puasa 11/04/2023
Air dingin (Gambar oleh Colin Behrens dari Pixabay)
Air dingin (Gambar oleh Colin Behrens dari Pixabay)

Oase.id - Dehidrasi merupakan kondisi di mana tubuh kehilangan terlalu banyak cairan atau air dari tubuh. Dehidrasi dapat terjadi ketika seseorang tidak minum cukup banyak air, terlalu banyak berkeringat, muntah, atau mengalami diare yang berat. 

Dehidrasi saat berpuasa dapat terjadi jika tidak mengonsumsi cukup air selama periode puasa. Sementara selama puasa, tidak dapat minum atau makan selama periode waktu tertentu, tergantung pada aturan agama atau kepercayaan yang diyakini.

Baca: Hindari! Makan Terlalu Sedikit Saat Ramadan Memperlambat Metabolisme Anda

Ketika tubuh kehilangan air lebih banyak daripada yang dikonsumsi, maka dehidrasi dapat terjadi. Beberapa tanda dan gejala dehidrasi meliputi mulut kering, sakit kepala, pusing, lelah, serta penurunan konsentrasi.

Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, Oase.id meringkas 5 tips mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Berikut adalah tipsnya:

1. Minum air yang cukup saat sahur dan berbuka puasa
Pastikan minum setidaknya 8-10 gelas air putih sepanjang buka puasa dan sahur. Jangan menunggu sampai merasa haus untuk minum air.

2. Hindari minuman yang mengandung kafein
Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi karena kafein dapat menyebabkan kehilangan air lebih banyak.

Baca juga: Ketika Non-Muslim di UEA Senang Ikut Berpuasa Selama Ramadan

3. Konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan air
Buah-buahan seperti semangka, jeruk, melon, dan sayuran seperti mentimun, tomat, dan selada mengandung banyak air dan dapat membantu tubuh terhidrasi.

4. Kurangi konsumsi makanan asin
Makanan asin dapat menyebabkan tubuh merasa lebih haus dan kehilangan lebih banyak air, sehingga hindari makanan yang mengandung asin dan garam berlebihan.

5. Jangan menunda minum air
Minumlah air secara teratur sepanjang hari dan hindari menunda minum air hingga saat berbuka puasa. Hal ini dapat membantu menjaga tubuh terhidrasi dan mencegah dehidrasi.

Demikian beberapa tips mengatasi dehidrasi saat berpuasa. Selamat berpuasa dengan sehat dan bahagia.


(ACF)