Menuju HUT Ke-75 Kemerdekaan RI, Ini 4 Lomba Agustusan Ciri Khas Berbagai Daerah

Phooby Kamaratih - HUT Kemerdekaan RI 12/08/2020
Photo by wurliburli from Pixabay
Photo by wurliburli from Pixabay

Oase.id- Peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdakaan Republik Indonesia (RI) kali ini akan cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, masyarakat Indonesia tengah menghadapi wabah persebaran virus korona (Covid-19) yang mengharuskan setiap orang menjaga jarak dan kebersihan.  

HUT Kemerdekaan yang lazimnya dimeriahkan dengan lomba-lomba mungkin akan diisi dan diperingati dengan format yang berbeda. Akan tetapi, sekadar mengenang dan mengingat kemeriahan 17-an di setiap tahunnya, berikut adalah tradisi khas di berbagai daerah kala menyambut hari kemerdekaan;


Pacuan kuda gayo, Aceh

Untuk merayakan HUT kemerdekaan RI,  biasanya masyarakat Aceh Tengah mengadakan lomba pacuan kuda. Acara ini merupakan tradisi masyarakat tanah Gayo yang meliputi daerah Aceh tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Tradisi pacuan kuda ini sudah ada sebelum masa penjajahan Belanda dan terus dilaksanakan sebagai tradisi. Saat ini, pacuan kuda hanya dilaksanakan untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Lari obor, Semarang

Daerah Semarang, Jawa Tengah memiliki tradisi lomba lari obor. Kebiasaan yang unik ini berasal dari tradisi masyarakat di kecamatan Gajah Mungkur. 

Lomba lari obor ini merupakan gambarkan pada masa perjuangan Indonesia merebut kemerdekaan. Lari obor dilaksanakan dalam sebuah grup berisi lima orang, dan tidak memiliki batas umur dalam mengikuti lomba tersebut.

 

Telok abang, Palembang

Warga Palembang, Sumatera Selatan memiliki lomba unik menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia. Masyarakat setempat menamakan lomba ini sebagai Telok Abang. Dalam bahasa Palembang Telok artinya telur, dan abang artinya merah.

Sesuai dengan namanya, kegiatan ini merupakan lomba untuk menghias wadah telur merah. Masyarakat setempat akan berlomba untuk membuat wadah telur yang paling kreatif menyerupai mobil, kapal, pesawat dan lain-lain.

Dayung perahu naga, Banjarmasin

Kalimantan merupakan pulau yang dialiri banyak sungai besar yang kemudian mempengaruhi tradisi di daerah tersebut. Salah satu lomba yang wajib ada saat hari kemerdekaan yaitu lomba dayung perahu naga.

Selain penilaian mendayung pada lomba tersebut, perahu yang digunakan untuk mengikuti lomba pun harus memiliki desain kepala naga yang indah di ujung depan perahu.
 


(SBH)