Google Ikut Semarakkan HUT RI Melalui Doodle

Medcom.id - HUT Kemerdekaan RI 17/08/2020
Photo by Medcom.id
Photo by Medcom.id

Oase.id- Di momen HUT ke-75 RI pada hari ini 17 Agustus 2020, mesin pencarian Google ingin ikut menyemarakan momen tersebut lewat konten Google Doodle. Konten ini bisa ditemukan di bagian atas kolom pencarian halaman di browser HP maupun PC/laptop.

Melansir Medcom.id, desain Google Doodle berjudul Indonesia Independence Day 2020 akan muncul saat pointer mouse diarahkan ke atasnya. Di sini terlihat bahwa Google Doodle dibuat dengan gaya seperti lukisan berwarna yang bisa dengan mudah dipahami.

Google Doodle ini tetap menarik dengan menyaikan beragam hal yang menjadi ciri khas dari Indonesia. Misalnya, baju adat dari berbagai daerah, bendera Merah Putih, Panjat Pinang, dan berbagai fauna. Warna yang digunakan adalaah warna cerah yang menarik perhatian.

 

Informasi di situs Google Doodle menjelaskan bahwa desain ilustrasi ini dibuat oleh desainer grafis bernama Martcellia Liunic. Dijelaskan bahwa pemilihan ilustrasi Panjat Pinang tidak hanya identiknya dengan perayaan seperti lomba Tujuhbelasan.

Panjat Pinang juga identik dengan gotong royong yang diperlihatkan oleh kerja sama tiap tim untuk memanjat batang pohon pinang yang sudah dibuat licin untuk mencapai hadiah yang menggantung di bagian tertinggi dan membagikannya kepada yang ada di bawah.

Ilustrasi bunga di bagian huruf "o" pada teks Google dijelaskan sebagai Bunga Bangkai ataua Rafflesia Arnoldi yang merupakan bunga terbesar di dunia yang menjadi salah satu kebanggan Indonesia. Demikian juga dengan ilustrasi fauna harimau, yang ternyata merupakan Harimau Sumatra.
 
Bukan kali pertama Google ikut merayakan Kemerdekaan ke-75 RI. Perusahaan internet yang terkenal lewat mesin pencariannya ini selalu ikut menyermarakan momen ini dengan Google Doodle sejak tahun 2009 lewat sebuah ilustrasi sederhana berupa bendera Merah Putih dan warna serupa pada logonya.


(FER)
Fera Rahmatun Nazilah
Posted by Fera Rahmatun Nazilah