Doa Ketika Kita Tidak Menyukai Sesuatu

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 11/07/2021
Gambar oleh chiplanay dari Pixabay
Gambar oleh chiplanay dari Pixabay

Oase.id - Sering kali dalam menjalani kehidupan, kita dihadapkan dengan hal-hal yang disukai. Padahal, pada kenyataannya justru diperlihatkan dengan hal yang tidak disukai.

Baiknya, kita tetap memohon petunjuk dan perlindungan kepada Allah Swt. Salah satunya dengan memanjatkan doa saat melihat sesuatu yang tidak disukai. 

Berikut ini doa yang bisa dibacakan yang dapat dikutip dari hadis Ibnu Majah:

“Alhamdulillaah ‘alaa kulli haal, rabbi innii a’udzubika min haali ahlin naar.”

Artinya: “Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Ya Rab, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka.”

Dari Aisyah, ia berkata: “Rasulullah ﷺ ketika melihat sesuatu yang ia senangi maka ia berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatannya kebaikan-kebaikan bisa sempurna’. Dan ketika ia melihat sesuatu yang ia benci maka ia berkata, ‘Segala puji bagi Allah atas setiap hal. Ya Rab, aku berlindung kepadamu dari tingkah laku ahli neraka.’” (HR. Ibnu Majah)

Sementara, Abu Hurairah Radiyallahu anhu (RA) dalam kitab Shahih Muslim, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:
“Seorang mukmin yang kuat, lebih baik dan lebih dicintai Allah daripada seorang mukmin yang lemah. Dan pada keduanya ada kebaikan, bersemangatlah untuk mengerjakan apa yang bermanfaat bagimu, serta memohonlah pertolongan Allah dan janganlah kamu lemah."

"Jika kamu tertimpa musibah, maka janganlah kamu mengatakan: ‘kalau jika aku melakukan demikian, ‘tentu hasilnya demikian, tapi katakanlah: ‘ini sudah ketentuan Allah, apa yang sudah dikehendaki, itulah yang Dia lakukan.’ Karena kata akan membuka jalan setan.”

Dalam kitab Sunan Abu Dawud, dari Auf bin Malik Radiyallahu anhu (RA), bahwa seungguhnya Nabi Muhammad ﷺ pernah memutuskan sengketa antara dua orang. Dan, orang yang kalah dalam perkara tersebut mengatakan “Hasbiyallaah wa ni’mal wakiil.” 

Nabi Muhammad ﷺ bersabda:
“Sesungguhnya Allah Swt mencela kelemahan, akan tetapi kamu harus berusaha. Jika kamu tertimpa sesuatu yang kamu sukai, maka bacalah: Hasbiyallaah wa ni’mal wakiil (cukuplah Allah sebagai penolong).”

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)