Tangkal Virus, Ini Saran untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 11/02/2021
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay
Gambar oleh Tumisu dari Pixabay

Oase.id – Sistem kekebalan yang kuat akan mencegah tubuh terpapar bakteri dan virus penyebab berbagai penyakit.

Banyak penelitian yang menyatakan sistem imun tubuh didukung dengan usus yang sehat. Pasalnya, sekitar 70% sel yang berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh ditemukan pada usus.

Dilansir Nifs.org, Mikroba yang hidup di dalam sistem pencernaan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan karena beberapa organisme ini bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Bakteri baik pada usus mampu mengenali berbagai hal penyebab penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan organisme lainnya menyerang agar tubuh tidak sakit.

Instruktur Kebugaran Kesehatan, Ashley Duncan mengatakan jika Anda tidak memiliki cukup bakteri baik dalam usus Anda, Anda akan lebih rentan terhadap virus seperti pilek dan virus perut. Mungkin juga dapat berisiko lebih tinggi terhadap penyakit autoimun.

Baca juga: Doa Terhindar dari Bencana Banjir

Mengonsumsi antibiotik dengan cara yang tidak benar bisa jadi membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan menjadi kelelahan. Begitu mikroba yang membantu dalam usus berkurang maka bakteri jahat seperti jamur atau ragi yang akan mengambil alih dan menyebabkan penyakit.

Lalu untuk memperbaiki atau meningkatkan mikroba baik dalam sistem pencernaan yaitu dengan mengonsumsi probiotik. Probiotik yang masuk ke dalam tubuh, akan menetap di sistem pencernaan dan mulai bekerja melindungi tubuh dari penyakit dan menghancurkan bakteri jahat yang mungkin tinggal di sana.

"Probiotik dapat ditemukan dalam obat kapsul atau Anda dapat mengonsumsi yogurt. Karena yogurt mengandung kultur aktif yang merupakan bakteri baik yang perlu Anda makan,” kata Ashley.

“Meningkatkan fungsi usus menjadi awal untuk melawan penyakit yang menjaga kekebalan tubuh,” lanjutnya.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus