5 Makanan Ini Mampu Menjadi Penambah Energi di Sepanjang Hari

Phooby Kamaratih - Kesehatan 01/09/2020
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis from Unsplash
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis from Unsplash

Oase.id – Kekurangan energi dapat memengaruhi aktivitas sehari-hari dan akan membuat tubuh menjadi kurang produktif. Jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi memiliki peran penting dalam menentukan jumlah energi sepanjang hari.

Nyaris semua makanan memang mampu memberikan energi. Namun, ada beberapa makanan dengan nutrisi lebih yang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan menjaga kekuatan pikiran alias fokus dalam setiap aktivitas. 

Baca juga: 5 Menu Terbaik dan Tersehat untuk Sarapan Pagi

 

Ubi jalar

Dilansir Healthline.com, 100 gram ubi jalar mengandung hingga 25 gram karbohidrat kompleks, 3,1 gram serat, 25% RDI untuk mangan. Hal ini yang membantu ubi jalar menjadi sumber energi bergizi baik untuk meningkatkan energi harian dan memberikan pasokan energi agar stabil.

Kopi

Kopi sudah menjadi minuman sehari-hari yang dikonsumsi saat tubuh membutuhkan tambahan energi. 

Kandungan kafein pada kopi yang memproduksi epinefrin hormon yang menstimulasi tubuh dan otak menjadi meningkat.

Yang perlu dicatat adalah, tidak disarankan  mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein, atau sekitar 4 cangkir kopi, per hari.

 

Telur

Telur dikemas dengan protein, yang dapat memberikan sumber energi yang stabil dan berkelanjutan. 

Leusin atau asam amino yang melimpah pada telur dapat merangsang produksi energi. Leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi.

Apel 

Apel dengan berat 100 gram mengandung sekitar 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan 2,1 gram serat. 

Selain itu, apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Sebuah penelitian Antioxidant potential and carbohydrate digestive enzyme inhibitory effects of five Inula species and their major compounds 2017 menunjukan bahwa kandungan antioksidan pada apel akan memperlambat pencernaan karbohidrat sehingga dapat melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Selain itu, apel juga memberikan manfaat dari serat yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Baca juga: Hindari Obat-obatan, Ini 7 Makanan Sehat yang Bisa Menambah Berat Badan dengan Cepat

 

Alpukat

Buah alpukat kaya akan lemak sehat, vitamin B, dan serat, sekitar 84% lemak sehat dalam alpukat berasal dari asam lemak tak jenuh. 

Lemak sehat yang terkandung dalam alpukat terbukti mampu meningkatkan kadar lemak darah secara optimal dan meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi sepanjang hari.

Serat dalam alpukat pun mengandung 80% karbohidrat yang dapat menjadi energi dalam tubuh tetap stabil.


(SBH)
TAGs: Kesehatan
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan