Masjid Tertua di Singapura yang Berdiri di Jantung Keramaian Kota

N Zaid - Masjid 03/01/2023
Masjid Omar Kampong. Foto hivelife
Masjid Omar Kampong. Foto hivelife

Oase.id - Sebagai tempat ibadah pertama di Singapura, masjid Masjid Omar Kampong Melaka memiliki warisan sejarah yang kaya selama berabad-abad dan mencerminkan perubahan wajah kotanya.

Dibangun pada tahun 1820 di tempat yang sekarang menjadi Jalan Keng Cheow, hanya sepelemparan batu dari Clarke Quay, pusat hiburan dan kehidupan malam Singapura, Masjid Omar Kampong Melaka adalah tempat ibadah yang telah bertahan selama berabad-abad. Masjid ini meski mengalami perubahan dan mengalami pergeseran dalam masyarakat, namun tetap setia pada akarnya.

Almarhum Syed Omar bin Ali Aljunied, seorang pengusaha Arab kaya dan dermawan, yang memainkan peran penting dalam pembangunan Masjid Omar Kampong Melaka. Pedagang tersebut, bagian dari keluarga pedagang terkenal Aljunied, tiba di Singapura tidak lama setelah Stamford Raffles mendirikan negara tersebut pada tahun 1819, membawa perdagangan ke pelabuhan bebas Singapura. 

Bagian dari rencana perluasan kota termasuk tanah untuk komunitas Muslim, dan Masjid Omar Kampong Melaka dibangun sebagai rumah ibadah bagi umat Islam yang menduduki daerah tersebut. Asal muasal masjid yang sederhana ditandai dengan elemen arsitektur sederhana dari kayu, papan kayu, dan atap atap. Segera menjadi tempat berkumpulnya imigran Muslim dan Melayu lokal yang mencari tempat untuk kedamaian dan salat di satu-satunya masjid yang ada di Singapura saat itu.

Seiring popularitas Singapura sebagai pelabuhan bebas tumbuh, jumlah jemaah yang mengunjungi masjid meningkat. Terbukti bahwa diperlukan tempat yang lebih besar, dan dengan dana dari putra Syed Omar, Syed Abdullah bin Omar Aljunied, sebuah bangunan bata yang lebih besar menggantikan struktur aslinya pada tahun 1855. Tempat tersebut kemudian dibiarkan tidak berubah selama lebih dari 100 tahun, tidak melihat perubahan atau kerusakan, bahkan selama kerusuhan rasial yang terkenal pada tahun 1964, yang menyaksikan bentrokan antara Tionghoa dan Melayu di Singapura.

Pekerjaan rekonstruksi pada tahun 1982 menghembuskan kehidupan baru ke dalam struktur ketika gedung administrasi dan area pembersihan upacara ditambahkan ke tempat ibadah. Sebuah menara berbentuk kubah, yang dikenal sebagai menara, didirikan pada tahun 1985, dan tetap menonjol bagi orang yang lewat berkat visibilitasnya dan adzan yang disiarkan melalui speakernya hingga hari ini. 

Terakhir, renovasi senilai S$936.000 dilakukan pada tahun 2009, yang memungkinkan penambahan ruang kelas baru dan area sholat untuk wanita. Bagian masjid juga ber-AC atau diperluas untuk mengikuti perkembangan zaman. Uniknya, semua ini dilakukan dengan tetap melestarikan beberapa elemen bangunan tahun 1855 – perhatikan, dan Anda akan menemukan pilar dan kolom asli, serta beberapa struktur kayu chengal kuno bangunan yang masih berada di dalam bangunan.

Pada tahun 2001, Masjid Omar Kampong Melaka dinyatakan sebagai situs bersejarah oleh National Heritage Board, bergabung dengan Jembatan Merdeka, Kuil Kwan Im Thong Hood Cho sebagai tempat yang berkontribusi terhadap kekayaan warisan Singapura. Saat ini, masjid tersebut menampung hingga 500 jamaah setiap hari dan kursus agama serta kelas menghafal Alquran dilakukan secara rutin. 

Lokasi masjid membuatnya nyaman bagi Muslim yang bekerja di Central Business District terdekat, dan belakangan ini, masjid ini juga telah melihat beragam pengunjung, dari turis hingga penduduk lokal non-Muslim, sebagai tanda pasti pergeseran demografi dan keterbukaan. Tanda di masjid menggunakan empat bahasa—Inggris, Melayu, Cina, dan Tamil—untuk memudahkan pengunjung yang mungkin belum pernah ke tempat ibadah Islam sebelumnya.

Seiring kemajuan Singapura sebagai kota metropolitan modern, situs bersejarah seperti Masjid Omar Kampong Melaka menjadi bukti bahwa tempat-tempat bersejarah dapat berkembang dan memberikan kekayaan sejarah bagi generasi mendatang, bergerak mengikuti zaman untuk melestarikan masa lalu.(hivelife)


(ACF)
TAGs: Masjid