Tata Cara dan Doa Wudhu dengan Huruf Latin Serta Artinya

N Zaid - Salat 06/09/2022
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Seorang hanya dapat melaksanakan salat setelah bersuci. Sebab itu, proses wudhu perlu diperhatikan agar memenuhi pedoman syariat sehingga dapat dianggap wudhu yang sah.

Berikut panduan tata cara wudhu ringkas seperti dikutip dari Youtube RumayshoTV.

1. Berniat dalam hati
2. Membaca bismillah
3. Membasuh kedua telapak tangan (3x)
4. Berkumur-kumur dan menghirup air ke hidung dalam satu cidukan air, lalu air dari hidung dikeluarkan dengan dibantu tangan kiri (3x)
5. Membasuh seluruh wajah sebanyak tiga kali dan menyela-nyela jenggot. Batasan wajah adalah dari batasan tumbuhnya rambut normal, lalu batas telinga dan jenggot. 
6. Membasuh tangan kanan dan kiri hingga siku (3x)
7. Mengupas kepala sekaligus telinga (1x)
8. Membasuh kaki kanan lalu kiri sampai mata kaki (3x)
9. Membaca doa 

BACA: Mezquita Cordoba Jejak Kejayaan Islam di Andalusia

Berikut doa setelah wudhu dengan latin dan artinya:
Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuluh. Allahummaj’alni minat tawwaabiina, waj’alnii minal mutathohhiriin. Subhanakallahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: Aku bersaksi, bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi, bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang (yang senang) bersuci. Maha Suci Engkau, ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi, bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku minta ampun dan bertaubat kepadaMu


(ACF)
TAGs: Salat