Menengok Keunikan 3 Masjid Paling Terkenal di Vietnam

N Zaid - Masjid 16/05/2023
Masjid Al Ehsan. Foto: innoviet/ Wandering An Giang
Masjid Al Ehsan. Foto: innoviet/ Wandering An Giang

Oase.id -  Vietnam tidak memiliki provinsi atau wilayah yang menjadi basis komunitas Muslim yang signifikan seperti Mindanao di Filipina dan Pattani di Thailand. Islam di Vietnam pun terbilang unik. Di Negeri Paman Ho itu, Islam dianut oleh etnis Cham yang amaliahnya tidak sesuai Al-Quran dan Sunnah. Contohnya, seperti tidak mewajibkan salat dan puasa Ramadan. Demikian, di kota besar, penganut Islam yang berdasarkan Al-Quran dan Sunnah hidup dengan dinamis karena diwarnai pendatang muslim dari negara seperti India, Indonesia,Pakistan, Malaysia dll. 

Di luar itu, Vietnam memiliki sejumlah masjid yang unik dan bersejarah yan menarik untuk ditengok. Berikut adalah tiga masjid yang paling terkenal di Vietnam. 

Masjid terbesar dan terindah di Vietnam biasanya terletak di Kota Ho Chi Minh dan provinsi An Giang.

Masjid Mubarok

embed

Photo: Foody 

Masid ini dibangun pada tahun 1750 di area yang luas di tepi pantai Chau Giang, dusun Chau Giang, komune Chau Phong, Tan Chau, An Giang. Ini juga merupakan masjid paling terkenal dan tertua di An Giang.

Masjid Mubarak adalah karya warisan nasional dan kebanggaan masyarakat di sini dengan arsitektur bergaya Muslim di Timur Tengah, berpadu serasi dengan budaya masyarakat Cham di Selatan.

Masjid Jamia Al-Musulman

embed

Photo: wikimedia.

Masjid Jamia Al-Musulman pertama kali dibangun pada tahun 1935 dan dianggap sebagai salah satu masjid besar di Kota Ho Chi Minh. Dahulu, keberadaan tempat ini ditujukan untuk melayani umat Islam dari India Selatan yang tinggal di kota.

Arsitektur Islam India Selatan adalah fitur menonjol yang ditemukan di sini dan menarik banyak minat wisatawan.

Hari ini, Jamia Al-Musulman adalah tempat berkumpulnya seluruh umat Islam dari Pakistan dan Indonesia. Tidak hanya pemeluk agama Islam tetapi juga banyak turis datang ke sini untuk mendengarkan ceramah dan mengunjungi pemandangan indah dan arsitektur di dalam Misa.

Masjid Masjid Al Ehsan

embed
 Photo: Wandering An Giang

Terletak di desa Da Phuoc Cham, An Phu, An Giang, Masjid Al Ehsan merupakan salah satu tempat wisata spiritual yang digandrungi banyak wisatawan. Melangkah ke desa Cham, Anda akan merasa seperti tersesat di miniatur tanah Muslim yang unik.

Warna utamanya putih dengan batas dekoratif hijau yang menciptakan aksen yang khas. Area koridor yang panjang dan lebar merupakan tempat peristirahatan para lansia sekaligus tempat ibadah.

Masjid ini sangat tinggi dan memiliki area yang luas, memiliki desain khas masjid di Dubai dan kawasan Timur Tengah dengan ciri khas bentuk bawang dan bulan sabit.(innoviet)


(ACF)
TAGs: Masjid