5 Manfaat Gerakan Salat untuk Kesehatan

Phooby Kamaratih - Salat 05/10/2021
Photo by Monstera from Pexels
Photo by Monstera from Pexels

Oase.id - Salat merupakan ibadah wajib yang paling dicintai Allah SWT dan merupakan sarana umat Muslim untuk mendekatkan diri dengan Allah. Dalam segi bahasa, salat artinya doa kepada Allah, sedangkan menurut syara’ salat berarti pekerjaan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam.

Sebagaimana tertuang dalam Al-Quran tentang perintah untuk salat:

وَاسۡتَعِيۡنُوۡا بِالصَّبۡرِ وَالصَّلٰوةِ ‌ؕ وَاِنَّهَا لَكَبِيۡرَةٌ اِلَّا عَلَى الۡخٰشِعِيۡنَۙ

“Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah:45)

Ibadah salat melibatkan berbagai gerakan dan ternyata hal itu memiliki manfaat medis dan kesehatan. Dilansir dari islamicfinder.org, berikut 5 manfaat kesehatan yang diperoleh dari gerakan salat:

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Posisi yang berbeda selama salat membantu dalam meningkatkan aliran darah secara keseluruhan dalam tubuh. Contohnya, dalam posisi rukuk aliran darah di tubuh bagian atas diatur dan saat tasyahud, aliran darah di tubuh bagian bawah diatur.

2. Meningkatkan pencernaan

Menurut studi ilmiah, salat juga membantu dalam pencernaan tubuh. Misalnya, dalam keadaan duduk antara dua sujud dan tahiyat yang pada dasarnya adalah ketika pria duduk dengan satu kaki ditekuk di bawahnya dan wanita duduk dengan kedua kaki di bawahnya, postur tersebut memungkinkan dan memperlancar pencernaan. Manfaat lainnya mampu membantu meringankan kasus sembelit dan makan berlebihan.

3. Meredakan sakit punggung dan nyeri sendi

Posisi tubuh saat sujud dan rukuk membantu membuka dan melemaskan persendian. Penggunaan sendi secara teratur membuat mereka tetap sehat dan berfungsi. Selain itu, posisi rukuk membantu mengurangi rasa sakit di punggung bawah dengan mengendurkan ligamen dan otot (mirip dengan yoga).

4. Kesehatan jantung

Salat dapat dimanfaatkan sebagai bentuk olahraga yang mampu meningkatkan metabolisme seseorang, yang pada dasarnya meningkatkan kesehatan kardiovaskular seseorang secara keseluruhan. Setiap salat tubuh akan bergerak yang tentunya akan meningkatkan fungsi keseluruhan organ dalam tubuh dan mengatur sekresi kelenjar dan aliran darah dalam tubuh.

5. Menjaga kebersihan

Manfaat dari salat adalah seluruh umat Muslim menjaga kebersihannya sebelum melaksanakan ibadah. Sebelum setiap salat, seorang Muslim harus melakukan wudhu, yaitu pembersihan mulut, hidung, wajah, telinga, leher, tangan, lengan dan kaki. Tetap dalam keadaan bersih mampu membuat kulit menjadi lebih sehat, menghilangkan kuman, hingga menghilangkan berbagai bentuk infeksi dan penyakit.


(ACF)
TAGs: Salat