Salman Alfarsi, Berawal dari Kekeristenan Lalu Menerima Kenabian Rasulullah

N Zaid - Sirah Nabawiyah 23/04/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Ini adalah kisah seorang pencari Kebenaran, kisah Salman al Farsi (si Persia), yang diambil dari kata-katanya sendiri:

Saya dibesarkan di kota Isfahan di Persia di desa Jayyan. Ayah saya adalah Dihqan atau kepala desa. Dia adalah orang terkaya di sana dan memiliki rumah terbesar.

Sejak saya masih kecil, ayah saya mencintai saya, lebih dari dia mencintai yang lain. Seiring berjalannya waktu, cintanya kepada saya menjadi begitu kuat dan kuat sehingga dia takut kehilangan saya atau terjadi sesuatu pada saya. Jadi dia menahan saya di rumah, benar-benar tahanan, dengan cara yang sama seperti gadis-gadis muda ditahan.

Saya menjadi sangat setia pada agama Magian sehingga saya mencapai posisi penjaga api yang kami sembah. Tugas saya adalah menjaga agar api tetap menyala dan tidak padam selama satu jam, siang atau malam.

Ayah saya memiliki perkebunan yang luas yang menghasilkan persediaan tanaman yang melimpah. Dia sendiri yang merawat perkebunan dan panen. Suatu hari dia sangat sibuk dengan tugasnya sebagai dihqan di desa dan dia berkata kepadaku:

"Putraku, seperti yang kamu lihat, aku terlalu sibuk untuk pergi ke perkebunan sekarang. Pergi dan urus urusan di sana untukku hari ini."

Dalam perjalanan ke perkebunan, saya melewati sebuah gereja Kristen dan suara doa menarik perhatian saya. Saya tidak tahu apa-apa tentang agama Kristen atau tentang pengikut agama lain selama ayah saya menjauhkan saya dari orang-orang di rumah. Ketika saya mendengar suara orang-orang Kristen, saya memasuki gereja untuk melihat apa yang mereka lakukan. Saya terkesan dengan cara mereka berdoa dan merasa tertarik dengan agama mereka. "Demi Tuhan," kataku, "ini lebih baik dari milik kita. Aku tidak akan meninggalkan mereka sampai matahari terbenam."

Saya bertanya dan diberi tahu bahwa agama Kristen berasal dari Ash-Sham (Suriah Besar). Saya tidak pergi ke perkebunan ayah saya hari itu dan pada malam hari, saya pulang ke rumah. Ayah saya menemui saya dan menanyakan apa yang telah saya lakukan. Saya bercerita tentang pertemuan saya dengan orang-orang Kristen dan betapa saya terkesan dengan agama mereka. Dia kecewa dan berkata:

"Anakku, tidak ada yang baik dalam agama itu. Agamamu dan agama nenek moyangmu lebih baik."

"Tidak, agama mereka lebih baik dari agama kita," aku bersikeras.

Ayah saya menjadi marah dan takut bahwa saya akan meninggalkan agama kami. Jadi dia mengurung saya di dalam rumah dan memasang rantai di kaki saya. Namun saya berhasil mengirim pesan kepada orang-orang Kristen yang meminta mereka untuk memberi tahu saya tentang kafilah yang pergi ke Suriah. Tak lama kemudian mereka menghubungi saya dan memberi tahu saya bahwa sebuah karavan sedang menuju ke Suriah. Saya berhasil melepaskan diri dan dengan menyamar menemani karavan ke Suriah. Di sana, saya bertanya siapa pemimpin agama Kristen dan diarahkan ke uskup gereja. Saya mendatanginya dan berkata:

"Saya ingin menjadi seorang Kristen dan ingin mengabdikan diri pada pelayanan Anda, belajar dari Anda dan berdoa bersama Anda."

Uskup setuju dan saya memasuki gereja dalam pelayanannya. Namun, saya segera mengetahui bahwa pria itu korup. Dia akan memerintahkan para pengikutnya untuk memberikan uang sebagai amal sambil mengulurkan janji berkah kepada mereka. Namun, ketika mereka memberikan sesuatu untuk dibelanjakan di jalan Allah, dia akan menimbunnya untuk dirinya sendiri dan tidak memberikan apa pun kepada orang miskin atau yang membutuhkan. 

Dengan cara ini dia mengumpulkan sejumlah besar emas. Ketika uskup meninggal dan orang-orang Kristen berkumpul untuk menguburkannya, saya memberi tahu mereka tentang praktik korupsinya dan, atas permintaan mereka, menunjukkan kepada mereka di mana dia menyimpan sumbangan mereka. Ketika mereka melihat guci-guci besar berisi emas dan perak, mereka berkata.

"Demi Tuhan, kami tidak akan menguburnya." Mereka memakunya di kayu salib dan melemparkan batu ke arahnya. Saya terus melayani orang yang menggantikannya. Uskup baru adalah seorang pertapa yang merindukan akhirat dan melakukan ibadah siang dan malam. Saya sangat berbakti padanya dan menghabiskan waktu lama bersamanya.

(Setelah kematiannya, Salman mengikatkan diri dengan berbagai tokoh agama Kristen, di Mosul, Nisibis, dan di tempat lain. Yang terakhir menceritakan kepadanya tentang munculnya seorang Nabi di tanah Arab yang akan memiliki reputasi kejujuran yang ketat, orang yang akan menerima hadiah tetapi tidak akan pernah mengkonsumsi amal (sadaqah) untuk dirinya sendiri. Salman melanjutkan ceritanya.)

Sekelompok pemimpin Arab dari suku Kalb melewati Ammuriyah dan saya meminta mereka untuk membawa saya bersama mereka ke tanah Arab dengan imbalan berapa pun uang yang saya miliki. Mereka setuju dan saya membayar mereka. 

Ketika kami sampai di Wadi al-Qura (sebuah tempat antara Madinah dan Syria), mereka mengingkari kesepakatan mereka dan menjualku kepada seorang Yahudi. Saya bekerja sebagai pembantunya tetapi akhirnya dia menjual saya kepada keponakannya dari suku Bani Qurayzah. Keponakan ini membawa saya bersamanya ke Yathrib, kota kebun kurma, seperti yang digambarkan oleh orang Kristen di Ammuriyah.

Pada saat itu Nabi shallallahu alaihi wasallam mengajak umatnya di Mekkah untuk memeluk Islam, tetapi saya tidak mendengar apa-apa tentang dia karena tugas berat yang dipaksakan oleh perbudakan kepada saya.

Ketika Nabi sampai di Yatsrib setelah hijrahnya dari Mekkah, saya sebenarnya sedang berada di atas pohon kurma milik majikan saya sedang melakukan suatu pekerjaan. Tuanku sedang duduk di bawah pohon. Seorang keponakannya datang dan berkata:

"Semoga Tuhan menyatakan perang terhadap Aws dan Khazraj (dua suku utama Arab di Yathrib). Demi Tuhan, mereka sekarang berkumpul di Quba untuk bertemu dengan seorang pria yang hari ini datang dari Mekkah dan yang mengaku sebagai seorang Nabi."

Aku merasa panas seketika setelah aku mendengar kata-kata ini dan aku mulai menggigil begitu hebat sehingga aku takut akan jatuh menimpa tuanku. Saya segera turun dari pohon dan berbicara dengan keponakan majikan saya.

"Apa katamu? Ulangi berita itu untukku."

Tuan saya sangat marah dan memukul saya dengan keras. "Apa urusanmu dengan ini? Kembali ke pekerjaanmu tadi," teriaknya.

Malam itu, saya mengambil beberapa buah kurma yang telah saya kumpulkan dan pergi ke tempat Nabi turun. Saya mendatanginya dan berkata:

"Saya telah mendengar bahwa Anda adalah orang yang saleh dan bahwa Anda memiliki teman dengan Anda yang asing dan membutuhkan. Ini adalah sesuatu dari saya sebagai sedekah. Saya melihat bahwa Anda lebih pantas mendapatkannya daripada yang lain."

Nabi shallallahu alaihi wasallam memerintahkan para sahabatnya untuk makan tetapi dia sendiri tidak memakannya. Saya mengumpulkan beberapa kurma lagi dan ketika Nabi meninggalkan Quba ke Madinah, saya mendatanginya dan berkata: "Saya perhatikan bahwa Anda tidak makan dari sedekah yang saya berikan. Namun ini adalah hadiah untuk Anda." Dari hadiah kurma ini, dia dan teman-temannya makan.

Kejujuran Nabi shallallahu alaihi wasallam yang keras merupakan salah satu ciri yang membuat Salman beriman kepadanya dan menerima Islam.

Salman dibebaskan dari perbudakan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam yang membayar harga yang ditentukan kepada pemilik budak Yahudinya dan yang menanam sendiri sejumlah pohon kurma yang disepakati untuk mengamankan pembebasannya. Setelah masuk Islam, Salman akan berkata ketika ditanya anak siapa dia:

"Aku Salman, putra Islam dari anak Adam."

Salman akan memainkan peran penting dalam perjuangan negara Muslim yang sedang berkembang. Di pertempuran Khandaq, dia terbukti menjadi inovator dalam strategi militer. Dia menyarankan untuk menggali parit atau khandaq di sekitar Madinah untuk menahan tentara Quraisy. Ketika Abu Sufyan, pemimpin orang Mekah, melihat parit itu, dia berkata, "Siasat ini belum pernah digunakan oleh orang Arab sebelumnya."

Salman dikenal sebagai "Salman yang Baik". Dia adalah seorang alim yang menjalani kehidupan yang keras dan pertapa. Dia memiliki satu jubah yang dia pakai dan dia tidur. Dia tidak akan berlindung di atap tetapi tinggal di bawah pohon atau di dinding. Seorang pria pernah berkata kepadanya:

"Maukah aku membangunkanmu sebuah rumah untuk ditinggali?" "Aku tidak butuh rumah," jawabnya. Pria itu bersikeras dan berkata, "Saya tahu jenis rumah yang cocok untuk Anda." "Jelaskan padaku," kata Salman. "Aku akan membangunkanmu sebuah rumah yang jika kamu berdiri di dalamnya, atapnya akan melukai kepalamu dan jika kamu merentangkan kakimu, temboknya akan melukainya."

Belakangan, sebagai gubernur al-Madain (Ctesiphon) dekat Bagdad, Salman menerima gaji lima ribu dirham. Ini dia akan mendistribusikan sebagai sadaqah. Dia hidup dari hasil kerja tangannya sendiri. Ketika beberapa orang datang ke Madain dan melihatnya bekerja di kebun kurma, mereka berkata, "Anda adalah amir di sini dan rezeki Anda terjamin dan Anda melakukan pekerjaan ini!"

“Saya suka makan dari hasil kerja tangan saya sendiri,” jawabnya. Namun Salman tidak ekstrim dalam asketismenya. Diriwayatkan bahwa dia pernah mengunjungi Abu ad-Dardaa yang pernah dipersaudarakan oleh Nabi. Dia menemukan istri Abu ad-Dardaas dalam keadaan menyedihkan dan dia bertanya, "Ada apa denganmu."

"Kakakmu tidak membutuhkan apa pun di dunia ini," jawabnya.

Ketika Abu ad-Dardaa datang, dia menyambut Salman dan memberinya makanan. Salman menyuruhnya makan tapi Abu ad-Dardaa berkata, "Aku sedang berpuasa."

"Aku bersumpah kepadamu bahwa aku tidak akan makan sampai kamu makan juga."

Salman bermalam di sana juga. Pada malam hari, Abu ad-Dardaa bangun tetapi Salman memegangnya dan berkata:

"Wahai Abu ad-Dardaa, Tuhanmu memiliki hak atasmu. Keluargamu memiliki hak atasmu dan tubuhmu memiliki hak atasmu. Berikan kepada masing-masing haknya."

Di pagi hari, mereka salat bersama dan kemudian pergi menemui Nabi shallallahu alaihi wasallam. Nabi mendukung Salman dalam apa yang dia katakan.

Sebagai seorang alim, Salman terkenal karena pengetahuan dan kebijaksanaannya yang luas. Ali berkata tentang dia bahwa dia seperti Luqman yang Bijaksana. Dan Kab al-Ahbar berkata: "Salman diisi dengan pengetahuan dan kebijaksanaan - lautan yang tidak mengering." Salman memiliki pengetahuan tentang kitab suci Kristen dan Alquran selain pengetahuan sebelumnya tentang agama Zoroastrian. 

Salman sebenarnya menerjemahkan bagian-bagian Alquran ke dalam bahasa Persia selama masa hidup Nabi shallallahu alaihi wasallam. Dengan demikian, dia adalah orang pertama yang menerjemahkan Alquran ke dalam bahasa asing.

Salman, karena rumah tangganya yang berpengaruh di mana dia dibesarkan, mungkin dengan mudah menjadi tokoh utama di Kerajaan Persia yang luas pada masanya. Namun pencariannya akan kebenaran membawanya, bahkan sebelum Nabi shallallahu alaihi wasallam muncul, untuk meninggalkan kehidupan yang nyaman dan makmur dan bahkan menderita hinaan perbudakan. Menurut catatan yang paling dapat dipercaya, dia meninggal pada tahun tiga puluh lima setelah hijrah, pada masa kekhalifahan Utsman, di Ctesiphon.(alim)


(ACF)