Selain Makanan, 5 Tips Ini Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 19/09/2021
 Photo by Kush Kaushik from Pexels
Photo by Kush Kaushik from Pexels

Oase.id – Makanan tertentu mampu membantu menjaga kesehatan mata, terutama jika rutin mengonsumsi wortel. Sayuran ini dipercaya mampu merawat kesehatan mata karena mengandung vitamin A yang baik untuk mata.

Namun, selain mengonsumsi makanan, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk mendukung kesehatan mata. Dilansir dari berkeleyeye.com, berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk membantu melindungi mata:

1. Mempertahankan gaya hidup sehat

Gaya hidup yang sehat sangat berdampak pada kesehatan dan cara paling efektif untuk menjaga kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa diet kaya nutrisi seperti lutein, zeaxanthin, seng, asam lemak omega-3 dan vitamin A, C dan E memainkan peran besar dalam mencegah masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.

2. Tidak merokok

Selain akan mengakibatkan penyakit jantung dan paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko kerusakan saraf optik, mempercepat degenerasi makula, dan katarak. Masalah lain yang akan ditimbulkan dari merokok antara lain:

  • Mata kering: Mata lebih cenderung terasa gatal, perih dan terbakar jika merokok dengan mata kering.
  • Retinopati diabetik: Jika seseorang menderita diabetes dan merokok, memiliki peningkatan risiko terkena retinopati diabetik, yaitu kerusakan pada pembuluh darah di mata.
  • Uveitis: Merokok dapat menyebabkan penyakit ini, yang menyebabkan uvea – lapisan tengah dinding mata – menjadi meradang, merah dan nyeri.

3. Pemeriksaan secara teratur

Dengan memeriksakan mata secara teratur mampu mengidentifikasi penyakit mata lebih awal, seperti tanda-tanda cedera, penyakit, atau kelainan. Periksakan mata sesuai dengan usia dan kesehatan, namun dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan mata setiap 1-2 tahun.

4. Kacamata

Jika sedang di luar ruangan pastikan untuk selalu menggunakan kacamata, hal ini mampu membantu melindungi mata dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Kacamata yang mampu menghalangi 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB bisa menjadi pilihan terbaik. Paparan radiasi UV yang berlebihan dapat meningkatkan peluang terkena katarak dan degenerasi makula.

5. Mengistirahatkan mata

Menatap layar komputer atau ponsel dalam waktu yang cukup lama bisa membuat mata menjadi perih dan kelelahan. Biasanya hal ini ditandai dengan mata kering, sakit kepala, penglihatan kabur, hingga nyeri pada leher, punggung, dan bahu.

Salah satu cara untuk mengatasinya mata kering akibat menatap layar adalah dengan berkedip sebanyak 20 kali per-menit. Berkedip akan menyebarkan air mata ke bagian depan mata dan membuat mata tetap lembab. Atau bisa dengan lainnya, saat menggunakan layar komputer selama 15 -20 menit segeralah untuk mengalihkan pandangan dari layar dan fokus ke area yang jauhnya 20 kaki selama 20 detik. Teknik ini mampu mencegah kelelahan dan ketegangan pada mata.


(ACF)