Jaminan Surga, Inilah Imbalan Buat Orang yang Sering Berbagi Makanan

Octri Amelia Suryani - Sedekah Hukum Islam Nabi Muhammad Saw 12/11/2021
Sedekah (Gambar oleh Myriams-Fotos dari Pixabay)
Sedekah (Gambar oleh Myriams-Fotos dari Pixabay)

Oase.id - Kondisi menjalani hidup di dunia ini sangat berbeda-beda. Tidak melulu berjalan mulus. Ada kalanya berada pada kondisi yang sulit.

Terkadang terdapat suatu kondisi yang membuat orang kesulitan mendapatkan makanan. Tentunya karena keadaan ekonominya. Nah, apabila menemukan kondisi yang seperti ini, diwajibkan bagi orang yang berkecukupan untuk berbagi makanan.

Berbagi makanan khususnya kepada keluarga dan tetangga selalu diajarkan oleh Rasulullah ﷺ. Bahkan disebutkan bahwa orang-orang yang sering berbagi makanan terjamin masuk surga.

BACA: Ini Janji Allah untuk Orang yang Gemar Bersedekah

Dalam hal ini, Rasulullah ﷺ bersabda: "Tidaklah beriman kepadaku orang yang kenyang semalaman sedangkan tetangganya kelaparan di sampingnya, padahal ia mengetahuinya." (HR At-Thabrani).

Berbagi makanan kepada keluarga atau tetangga tidak harus menunggu memiliki banyak makanan. Tidak masalah berbagi makanan meskipun jumlahnya tak banyak. Sebab, seorang muslim akan berdosa jika merasa perutnya kenyang sementara tetangganya kelaparan.

Dari Abu Dzarr radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ bersabda, "Wahai Abu Dzarr, jika engkau memasak masakan berkuah, maka perbanyaklah kuahnya dan perhatikanlah tetanggamu." (HR Muslim)

Berdasar hadis tersebut, dapat dipahami bahwa Rasulullah ﷺ menyuruh umatnya untuk terus dan saling memperhatikan kondisi tetangganya. Bukan berarti untuk ikut campur dalam urusan rumah tangga orang lain. Namun, untuk memastikan bahwa keluarga atau tetangga terdekat memiliki cukup makanan untuk dikonsumsi.

Orang yang memberi makanan kepada yang sedang kelaparan termasuk ke dalam golongan orang-orang paling mulia. Hal ini seperti yang disebutkan dalam sebuah hadis, "Sesungguhnya orang terbaik di antara kalian adalah orang yang memberi makan." (HR. Thabrani)

Dalam hadis lain disebutkan juga bahwa ada seorang laki-laki pernah bertanya kepada Rasulullah ﷺ, "Perbuatan apa yang terbaik di dalam Islam?" Rasulullah ﷺ menjawab, "Kamu memberi makan kepada orang lain." (HR. Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA: Bisa Menghambat Rezeki, Ini 3 Kebiasaan yang Harus Kita Hindari

Orang yang suka berbagi makanan, sangat mulia di mata Allah. Bahkan, Allah di akhirat kelak akan menyiapkan ruangan khusus di dalam surga.

Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ, "Sesungguhnya di surga terdapat sejumlah kamar yang bagian luarnya terlihat dari bagian dalamnya dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya. Lalu seorang Arab Badui berdiri lalu bertanya, "Ya Rasulullah untuk siapa kamar-kamar itu?" Nabi ﷺ menjawab, "...untuk orang yang memberi makan ..." (HR. Tirmidzi)

Selain itu, Allah SWT juga akan memberikan pintu khusus yang hanya bisa dimasuki oleh umat-Nya yang selama hidup di dunia suka memberi makan orang lain. Khususnya sering memberi makan orang yang sedang kelaparan.

"Barang siapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain." (HR. Thabrani)


(ACF)