Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat

Octri Amelia Suryani - Sedekah Amalan Jumat 16/09/2021
Gambar oleh Salvador Navarro Maldonado dari Pixabay
Gambar oleh Salvador Navarro Maldonado dari Pixabay

Oase.id - Di dalam Al-Quran banyak sekali yang menjelaskan tentang anjuran bersedekah dan manfaat dari bersedekah. Hingga sedekah juga disebutkan merupakan salah satu amalan yang hendaknya dilakukan dengan ikhlas.

Hal ini dilakukan agar setiap amalan yang disertai dengan hati yang ikhlas tidak akan sia-sia. Karena bersedekah tidak akan membuat seseorang menjadi miskin atau pun menjadi kekurangan. Seperti firman Allh swt dalam QS. Al-Baqarah ayat 261:

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Artinya: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Namun tahukah kita, ada satu hari yang memang memiliki keutamaan yang sangat dahsyat jika seseorang bersedekah pada hari tersebut. Yakni, pada hari Jumat ternyata adalah waktu yang penuh dengan berkah. Meskipun sebenarnya bersedekah pada selain hari Jumat juga termasuk amalan yang bagus, tetapi ada pengkhususan jika bersedekah pada hari Jumat. Hal ini juga disampaikan pada sebuah hadis bahwa:

Salamah dari Abu Hurairah ra, Nabi ﷺ bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jumat. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam AS. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa di mana tidak seorang pun berdoa kecuali Dia akan mengabulkan doa itu.” (HR. Muslim)

Oleh sebab itu, Nabi Muhammad ﷺ memberikan teladan memperbanyak sedekah di hari Jumat dibandingkan hari yang lainnya. Selain bersedekah, beliau juga memperbanyak amalan-amalan lainnya.

Dari beberapa riwayat hadis, ternyata hari Jumat memiliki banyak keutamaan bagi umat Islam yang bersedekah. Tentunya, kesempatan ini sangat merugi jika dilalaikan.

Berikut manfaat bersedekah pada hari Jumat:

1. Lebih Besar Pahalanya

Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf meriwatkan;

وَلَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ وَلَمْ تَغْرُبْ مِنْ يَوْمٍ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ اْلُجُمُعَةِ وَالصَّدَقَةُ فِيْهِ أَعْظَمُ مِنْ سَائِرِ اْلاَيَّامِ.

Artinya: “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.”

2. Seperti Sedekah di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Pada bulan ini, banyak umat Islam yang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Termasuk melakukan sedekah, sebab pahalanya akan berlipat-lipat.

Melakukan sedekah pada hari Jumat, sama halnya dengan bersedekah pada bulan Ramadhan. Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan:

“Sesungguhnya shadaqah pada hari Jumat itu memiliki kelebihan dari hari-hari lainnya. Shadaqah pada hari itu dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, seperti shadaqah pada bulan Ramadhan jika dibandingkan dengan seluruh bulan lainnya.”

3. Didoakan oleh Para Malaikat

Rasulullah ﷺ bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muttafaq Alaih dari Abu Hurairah RA: “Setiap pagi, dua malaikat turun mendampingi seorang hamba. Yang satu mendoa: Wahai, Tuhan! Berikanlah ganti rugi bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya. Dan yang satu lagi berkata: Wahai, Tuhan! Musnahkanlah harta si bakhil."

Sangat tegas hadis di atas menjelaskan tentang balasan bagi orang yang dermawan terhadap hartanya, serta orang yang pelit terhadap hartanya. Jadi, manfaatkanlah hari Jumat dengan sebaik-baiknya. Karena belum tentu hari esok akan mendapatkannya.


(ACF)