6 Fakta Tentang Gua Hira yang Wajib Diketahui Setiap Muslim

N Zaid - Sirah Nabawiyah 25/11/2022
Ilustrasi: Ist
Ilustrasi: Ist

Oase.id - Dalam kisah kenabian Muhammad salallahu alaihi wasalam, Gua Hira memiliki tempat yang istimewa. Di sana lah kenabian Beliau bermula karena wahyu pertama turun kepada Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam di Gua Hira. 

Berikut ini fakta-fakta tentang Gua Hira yang perlu diketahui oleh setiap muslim, yang akan memperkaya pengetahuan Islam Anda.

1. Gua Hira juga dikenal sebagai Jabal-e-Noor
Dua mil jauhnya dari Kakbah, sebuah gunung bernama Hira berada. Ia juga dikenal sebagai Jabal-e-Noor dan Jabal-e-Hira. Jabal-e-Noor berarti "gunung cahaya". Itu muncul di antara tempat Ziarah Mekkah yang paling sering disukai.

2. Ruang Gua Hira
Gua Hira merupakan gua kecil dengan dimensi panjang 4 meter dan lebar 1,5 meter. Gunung itu sendiri memiliki kemiringan 380 meter membentuk ketinggian 500 meter. Ia memiliki bentuk yang menyerupai punuk unta. Gunung ini menutupi area sekitar 5,2 meter persegi.

3. Wahyu Pertama
Wahyu pertama dari Al-Qur'an yang dikirim kepada Nabi Muhammad salallahu alaihi wasallam dikirim di Gua Hira pada bulan Ramadhan, 610 Masehi. Al-Qur'an menyatakan malam ini sebagai "Malam Kekuatan".

Sebelum wahyu turun, Nabi salallahu alaihi wasallam biasa bermimpi baik yang dikaitkan dengan terjadinya wahyu. 

4. Malaikat Jibrael (AS) datang ke gua ini
Pada suatu malam, malaikat itu muncul seperti seorang pria pada saat Tahajud dan berkata kepada Nabi salallahu alahi wasallam, "Bacalah". Di mana Beliau menyatakan bahwa Dia tidak bisa membaca. Selanjutnya, malaikat meminta Dia untuk membaca, dua kali lagi dan sepanjang waktu lagi, Dia berbagi bahwa Dia tidak dapat membaca. Terakhir, malaikat menyatakan seperti pada surah Al-Alaq  ayat 1-5.

5. Awal Kenabian
Pada wahyu ini, kenabian Muhammad salallahu alaihi wasallam dimulai. Ketika Dia salallahu alaihi wasallam keluar dari Gua Hira, di tengah jalan dari gunung, sebuah suara masuk ke telinga-Nya;

“Wahai Muhammad, engkau adalah utusan Allah, dan aku adalah Jibril”

6. malam yang sulit
Nabi salallahu alaihi wasallam melihatnya dan mulai bergerak maju. Tapi yang mengejutkannya, malaikat itu hadir di cakrawala ke segala arah di mana Dia mengarahkan pandangannya. Pemandangan itu membua, Nabi salallahu alaihi wasallam ketakutan. Saat kembali ke rumah, Dia salallahu alaihi wasallam meminta Khadijah (RA) untuk menutupi-Nya agar bisa santai.

Al-Qur'an diturunkan secara lengkap selama 22 tahun, 5 bulan dan 14 hari.
 


(ACF)