Pariwisata Mesir Berharap Efek Popularitas Berkat Kunjungan Guardiola

N Zaid - Mesir 05/07/2023
Pep Guardiola liburan ke Mesir. Foto: Ist
Pep Guardiola liburan ke Mesir. Foto: Ist

Oase.id - Pep Guardiola, manajer Liga Utama Inggris dan juara sepak bola Eropa Manchester City, menikmati liburan musim panas di Mesir bersama keluarganya, akhir Juni lalu. Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi industri pariwisata negara tersebut.

Amr Al-Qadi, CEO Otoritas Umum Mesir untuk Promosi Pariwisata, mengatakan kepada Arab News bahwa Bandara Internasional Kairo diam-diam menyambut pelatih asal Spanyol dan keluarganya pada Kamis malam 22 Juni. Guardiola menghabiskan dua hari di Kairo, diikuti enam hari menjelajahi Luxor dan Aswan.

Menurut Al-Qadi, kunjungan orang terkenal tersebut akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pasar wisata internasional yang dibidik oleh Mesir.

“Ini termasuk pasar Spanyol, yang telah menyaksikan pertumbuhan kuat dalam pariwisata yang masuk selama paruh pertama tahun ini,” katanya.

Nisreen Othmanli, direktur kantor Otoritas Umum Mesir untuk Promosi Pariwisata, menjadi bagian dari panitia penyambutan di Bandara Internasional Kairo. Dia mengatakan beberapa anggota kantornya bergabung dengannya untuk menyambut pelatih yang diakui dunia internasional itu.

“Kami menyambutnya dengan bunga, suvenir, dan materi promosi tentang berbagai situs wisata dan arkeologi Mesir,” kata Othmanli kepada Arab News.

Guardiola memulai kunjungan delapan harinya di Kairo, dan rencana perjalanannya akan berakhir di Abu Simbel di kegubernuran Aswan.

Othmanli mengatakan Guardiola dan keluarganya diundang makan siang di sebuah hotel yang menghadap ke piramida Giza.

Dia mengatakan mereka juga diberikan replika topeng Raja Tutankhamun sebagai kenang-kenangan.

Keluarga tersebut juga merencanakan pelayaran Sungai Nil dari Luxor ke Aswan, sementara kunjungan mereka diakhiri dengan perjalanan ke kuil Abu Simbel yang terkenal di Aswan.

Saat berada di Kairo, Guardiola mengunjungi Museum Peradaban Nasional di Fustat dan mengagumi koleksi artefak museum yang mengesankan, yang mewakili peradaban Mesir.

Ahmed Effat, seorang ahli pariwisata dan arkeologi, mengatakan kepada Arab News bahwa Guardiola mengunjungi Benteng Salah Al-Din Al-Ayyubi.

“Guardiola mengungkapkan kekagumannya pada Masjid Muhammad Ali dan kubah serta menaranya yang megah, sebuah mahakarya arsitektur yang sesungguhnya,” kata Effat.

Salah Atris, pemilik perusahaan yang mengorganisir perjalanan Guardiola, menyoroti dampak signifikan dari kunjungannya.

“Guardiola mendapat tawaran dari beberapa negara untuk liburan musim panasnya, tapi dia akhirnya memilih Mesir sebagai tujuannya,” kata Atris.

Ia mengatakan, kunjungan Guardiola akan membantu pasar pariwisata Mesir.

“Guardiola terkenal secara internasional dan memiliki jutaan pengikut di media sosial. Kunjungannya ke Mesir kemungkinan akan meningkatkan visibilitas negara itu sebagai tujuan wisata, ”kata Atris.


(ACF)
TAGs: Mesir