Alexander, Alexandria, dan Penghormatan Kepada Kota Besar Mesir

N Zaid - Mesir 20/11/2023
Ilustrasi. Pixabay
Ilustrasi. Pixabay

Oase.id - Alexander Agung tidak pernah melihat kota yang dia impikan dan dinamai menurut namanya hampir dua setengah milenium yang lalu. Dia ada di sana untuk memetakannya, menggunakan butiran jelai dalam ceritanya, hanya untuk pergi dan melanjutkan penaklukannya, sebelum meninggal pada usia 32 tahun di Babilonia, lebih dari 1.300 km (800 mil) dari Alexandria.

Dia mungkin sudah meninggal, tapi kotanya tidak.

Alexandria: Kota yang Mengubah Dunia, karya akademisi Mesir-Inggris Islam Issa, yang merupakan salah satu generasi ke-100 warga Aleksandria, adalah biografi kota yang kini menjadi kota kedua di Mesir.

Alexandria, sebutan pengantin laut dalam bahasa Arab saat ini karena lokasinya di Mediterania, sering kali diabaikan ketika membahas kota-kota terbesar di dunia. Pentingnya kota ini – yang pernah menjadi saingan Roma – dilupakan, namun Issa membawa pembaca pada perjalanan yang memukau melalui sejarah kota, kisah-kisahnya, dan tragedi-tragedinya.

Kita akan bertemu dengan para penguasa kota ini – termasuk pada abad kesembilan ketika kota ini dikuasai oleh bajak laut dari Spanyol – dan semua penduduk yang menjadikan kota ini sebagai rumah mereka, termasuk orang-orang Yunani, Mesir, Yahudi, Arab, Turki, Prancis, Inggris, dan orang Italia.

Pendiri eponymous
Buku ini bukan hanya kisah tentang sebuah kota, tetapi bab-bab awalnya, tentang seorang pria yang namanya bergema selama berabad-abad.

Alexandria melambangkan Alexander Agung. Keduanya menjadi buah bibir bagi kosmopolitanisme: Alexandria dalam populasi dan identitasnya yang beragam, Alexander dalam pengaruhnya di tiga benua.

Namun meskipun orang tersebut menamai banyak kota dengan namanya (Kandahar di Afghanistan dan Khujand di Tajikistan awalnya dinamai untuk menghormatinya), saat ini, hanya ada satu kota Alexandria.

Issa melakukan pekerjaan luar biasa dalam menjelaskan sejarah, meluangkan waktu untuk berbagi cerita, baik mitos maupun faktual, yang menjadikan Alexandria kota seperti sekarang ini, kota terbesar di Laut Mediterania.

Ada beberapa tautan menarik. Legenda mengatakan bahwa Helen dari Troy dibawa ke tempat yang sekarang disebut Alexandria. Kubah Batu di Yerusalem mencontoh kubah emas di kota Mesir. Venesia menamai Basilika Santo Markusnya dengan nama seorang suci yang tubuhnya dicuri oleh pedagang Venesia dari Aleksandria. Dan Zionisme, Liga Arab, dan revolusi Mesir tahun 2011 semuanya memiliki hubungan dengan kota ini.

Namun pada awalnya, Alexandria adalah Pharos, sebuah pulau di lepas pantai Mesir. Sebuah jalan lintas dibangun ke daratan, dan endapan lumpur alami secara bertahap memperluasnya hingga membentuk geografi yang kita kenal sekarang. Pertumbuhan kota ini setelah didirikan oleh Alexander dan pemerintahan Dinasti Ptolemeus (305-30 SM) menyebabkan masuknya orang-orang dari seluruh dunia Mediterania kuno dengan cepat, tertarik pada apa yang penulis sebut sebagai “ Alexandrian Dream”, tempat dengan jalan lebar, banyak marmer, dan taman raksasa, tempat Mercusuar Pharos, keajaiban dunia kuno, berfungsi sebagai Patung Liberty kuno.

Gagasan modern tentang sejarah sering kali penuh perjuangan, namun buku ini menampilkan keajaiban masa lalu, seperti Perpustakaan Alexandria, dengan kolom-kolom dan patung-patungnya yang besar, dan lemari setinggi langit-langit yang dipenuhi gulungan papirus – dan mungkin lebih dari satu juta total buku pada abad pertama SM.

Perpustakaan itu sendiri adalah proyek negara yang diimpikan sejak awal pembentukan kota. Para penguasa bersedia membayar sejumlah besar uang untuk memperoleh teks dan mengorbankan hubungan dengan negara lain agar teks tersebut tetap berada di Alexandria. Dalam adat istiadat Aleksandria, yang disita adalah buku-buku, dan bukan karena adanya upaya untuk melarangnya, melainkan untuk memutuskan apakah akan menyita buku-buku tersebut untuk perpustakaan. Pustakawan adalah selebriti, dan siswa sekolah pada saat itu bertugas menghafal nama mereka.

Salah satu cendekiawan Ratu Cleopatra terkemuka di dunia, Issa mendedikasikan satu bab yang mencerahkan untuk tokoh Aleksandria yang agung, dan satu bab sebelumnya untuk Cleopatra yang terlupakan – yang paling terkenal adalah yang ketujuh dari namanya.

Sang ratu, yang identitas rasialnya kini menimbulkan kontroversi yang dibahas Issa dalam bukunya, sama kosmopolitannya dengan Aleksandria sendiri, berbicara dalam 11 bahasa. Dia juga orang pertama dari Dinasti Ptolemeus Helenistik yang fasih berbahasa Mesir.

Sering digambarkan di Barat sebagai orang yang oportunistik dan bergantung pada keterampilan rayuan, Issa menunjukkan bahwa orang Aleksandria memandangnya secara berbeda. Dia menjelaskan bagaimana dia tumbuh dengan mendengarkan kisah-kisah perayaan. “Dia adalah sumber kebanggaan yang, menurut saya, adalah seorang intelektual yang berdebat dengan orang-orang berkuasa,” tulis Issa, sebelum mengutip sumber-sumber Arab abad pertengahan yang menggambarkan ratu dengan penuh hormat, dengan fokus pada kontribusinya dalam bidang kedokteran, bukan pada penampilan fisiknya.

Pengetahuan lokal
Cara Issa menangani Cleopatra merupakan bukti pentingnya sejarah Aleksandria diceritakan oleh penduduk asli, seseorang dari kota tersebut, pada saat kisah-kisah di wilayah yang lebih luas sering diceritakan oleh orang luar.

Dan cerita serta keahlian Issa menunjukkan kecintaannya terhadap kotanya.

Beralih dari masa lalu Aleksandria, melalui penaklukan Arab dan kemudian invasi Eropa, kita sampai pada zaman yang lebih modern, dan manfaat memiliki penduduk asli yang menceritakan kisah Aleksandria semakin penting.

Kita belajar lebih banyak tentang sejarah keluarga Issa di Aleksandria, yang mengambil narasi dari orang-orang kaya dan berkuasa yang secara alami terbawa selama berabad-abad ke dalam narasi orang biasa: seorang nelayan, pedagang barang bekas, dan seorang guru.

Kakek Issa adalah tetangga Presiden Mesir Gamal Abdel Nasser ketika masih kecil di kawasan kelas pekerja Bacos di Alexandria – yang namanya diambil dari nama dewa kuno Bacchus. Orang tuanya memiliki kenangan tentang Perang Enam Hari dengan Israel tahun 1967 dan kematian seorang anggota keluarga dalam Perang Oktober tahun 1973.

Alexandria sendiri telah berkembang, dari pulau aslinya dan jalan lintas ke sana, dan sekarang melintasi teluk, dan jauh ke selatan. Kemunduran dan kebangkitan selama berabad-abad, seiring dengan bencana alam dan perkembangan pesat telah mengubahnya dari jalan lebar kuno menjadi kota dengan gang-gang, seperti yang dijelaskan dalam buku ini, di mana “setiap orang mengetahui berita tetangganya”. 

Kerusuhan yang terjadi di seluruh wilayah Mesir, sebagian disebabkan oleh kesulitan ekonomi, namun juga karena rezim yang represif, terjadi di Alexandria dengan terbunuhnya seorang pemuda, Khaled Said, oleh polisi Mesir pada tahun 2010. Sebuah grup Facebook dibentuk untuk menuntut keadilan, dan akhirnya menjadi salah satu kelompok yang mengorganisir gerakan protes yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak pada tahun berikutnya.

Perselisihan ini telah berkontribusi pada identitas kota tersebut, begitu pula sejarahnya. Issa mengutip artis trap populer, Marwan Pablo, yang menyanyikan “Aku bukan dari Mesir, aku, aku dari Alexandriaaa”.

Itu tidak berarti penduduk setempat tidak bangga menjadi orang Mesir, mereka memang bangga. Tapi mereka juga orang Aleksandria.

Kota ini tidak sekosmopolitan dulu, atau seperti yang pernah dibayangkan Alexander sendiri. Sebagian besar orang-orang Eropa dan Yahudi telah meninggalkan tempat tersebut, namun belum lama ini – ayah Issa masih ingat bahwa pembuat kue setempat berbicara kepadanya dalam bahasa Arab Mesir ketika ia memberikan pesanannya. Dia berasal dari Yunani, ya, tapi dari Aleksandria.

Masyarakat Yunani dan komunitas lainnya mungkin sudah tiada, namun Issa menegaskan bahwa hal tersebut tidak berarti bahwa budaya kota tersebut bersifat monolit.

“Dalam satu ruang, akan ada Muslim dan Kristen yang duduk bersama, seorang pria berjanggut dan seorang gothic di meja yang berdekatan, dan dalam antrian, seorang wanita mengenakan gaun pantai warna-warni di depan orang lain yang mengenakan cadar hitam,” tulis Issa. . “Di Alexandria saat ini, di kota yang mengglobal ini, Anda bebas mengadopsi identitas budaya apa pun yang Anda inginkan.”

Ya, kota ini merupakan kota Arab dan mayoritas penduduknya beragama Islam, namun “hegemoni yang ada saat ini hidup dalam bayang-bayang sebuah wadah peleburan”, seperti yang dibuktikan oleh warisan campuran penduduknya. Issa mengakhiri bukunya dengan menggambarkan salah satu perjalanannya ke Alexandria, tiba dari laut, dan bagaimana sejarah kota itu masih terus hidup, baik dalam imajinasinya maupun pemandangan yang ada di hadapannya.

Dan ini bukanlah akhir dari cerita. Budaya Alexandria saat ini, homogenitas yang menyertai sejarah pascakolonial kota ini, menurut Issa, berusia sekitar 75 tahun, hanya sebagian kecil dari sejarahnya yang berusia 2.500 tahun. “Jadi, siapa yang tahu apa yang akan terjadi dua setengah milenium dari sekarang?”

Apa pun yang terjadi di masa depan, akan sulit menceritakan kisahnya dengan cara yang lebih penuh informasi dan penuh kasih sayang dibandingkan Issa. Sejarahnya merupakan penghormatan kepada Aleksandria, sumber pengetahuan tentang kota ini, dan menjadi penanda bagi mereka yang ingin menceritakan kisah kota-kota besar di dunia.(aljazeera)
 


(ACF)
TAGs: Mesir