681 Relawan Dikerahkan Layani Pengunjung Masjid Nabawi

N Zaid - Haji 2023 04/07/2023
Foto: Arabnews
Foto: Arabnews

Oase.id - Administrasi Umum Karya Relawan pada Presidensi Umum Urusan Masjid Nabawi menyebutkan, sebanyak 681 relawan telah menyumbangkan total 20.000 jam relawan selama bulan Dul Hijjah. Relawan yang berdedikasi ini telah memberikan layanan kepada ratusan ribu jamaah dan pengunjung di Masjid Nabawi.

Setelah menunaikan ibadah haji, jemaah berkumpul di Madinah untuk salat di Masjid Nabawi. Pihak berwenang secara aktif mengawasi kedatangan jemaah dan bekerja sama dengan kantor layanan lapangan untuk memfasilitasi transisi yang mulus ke akomodasi yang ditunjuk.

Para relawan yang berasal dari tujuh instansi pemerintah tersebut memberikan berbagai layanan antara lain pembinaan, manajemen keramaian, pembagian makanan, transportasi pasien ke rumah sakit, bantuan untuk lansia dan layanan ambulans.

Menurut laporan terbaru dari kepresidenan, lebih dari 4.252.000 orang mengunjungi Masjid Nabawi antara 25 Juni dan 2 Juli.

Kepresidenan menawarkan layanan melalui badan keamanan, kesehatan, rawat jalan dan sukarela, sehingga membantu peziarah dan pengunjung untuk melakukan ritual mereka dengan mudah.

Kepresidenan membagikan 203.294 botol air Zamzam dan 426.457 makanan bagi mereka yang berpuasa; itu juga membagikan 46.138 hadiah.

Sementara itu, Kementerian Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan telah mendistribusikan Al-Qur'an, hadiah dari Raja Salman, kepada jemaah haji yang berangkat di Bandara Internasional Pangeran Mohammed bin Abdulaziz di Madinah. Kementerian mendistribusikan total 11.570 eksemplar kitab suci.(an)
 


(ACF)
TAGs: Haji 2023