Seduhan Serai Dipercaya Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Cara Menyajikannya

Phooby Kamaratih - Kesehatan 23/03/2020
Photo nby Phuong Hoang Thuy from Pixabay
Photo nby Phuong Hoang Thuy from Pixabay

Oase.id- Serai, juga disebut sereh, adalah tanaman tinggi atau tangkai. Serai memiliki aroma segar, mirip lemon yang berpadu dengan jeruk hanya dengan sengatan bau lebih tajam. 

Serai banyak dijadikan sebagai salah satu penyedap masakan bagi masyarakat Indonesia. Jika diolah lebih lanjut, serai juga bisa dijadikan minyak esensial yang bisa dipakai sebagai aroma terapi untuk menyegarkan udara, mengurangi stres, dan mengangkat suasana hati lebih baik.

Tidak hanya berhenti di sana, serai juga ternyata memiliki kandungan yang berfungsi meningkatkan sistem imunitas tubuh. Salah satu cara paling populer untuk menikmati serai adalah dengan diramu menjadi semacam seduhan teh, atau biasa juga disebut wedang serai.

Baca: Bikin dan Sebar Meme Edukatif Tentang Korona, Yuk!

 

Berikut manfaat dan cara menyjikannya;

 

Manfaat, dari antioksidan sampai antikanker

Serai memiliki sifat antioksidan. Menurut sebuah penelitian Free Radical Scavengers and Antioxidants from Lemongrass (2005), serai mengandung antioksidan yang membantu menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. 

Antioksidan yang perlu diperhatikan dalam serai adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertiajaponin yang membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner Anda.

 

Teh sereh juga bisa membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang berkat sifat antimikroba. Menurut Studi Vitro (2012) yang diterbitkan The National Institutes of Health, minyak atsiri sereh memiliki kemampuan antimikroba terhadap bakteri streptococcus mutans. Yakni, bakteri yang paling bertanggung jawab atas perlindungan gigi. 

Penelitian selanjutnya menemukan minyak serai dan ion perak dapat bekerja bersama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur.

Baca: Bekerja atau Sekolah dari Rumah? Ikuti 3 Langkah Ini agar Tetap Produktif

 

Serai juga memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa sel sel perusak jaringan yang masuk ke dalam tubuh. Beberapa komponen dalam serai membantu melawan kanker untuk menyebabkan kematian sel langsung atau meningkatkan sistem kekebalan yang menjadikan tubuh lebih kuat melawan kanker dengan sendirinya.

Teh sereh juga terkadang digunakan untuk terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Akan tetapi, fungsi ini harus dilakukan tetap di bawah bimbingan ahli onkologi.


Saran penyajian

Bahan-bahan:
- Gula merah
- Jahe
- Daun jeruk
- Kayu manis
- Daun pandan
- Air
- Serai

Cara membuat:
- Geprek jahe dan serai
- Rebus semua bahan sampai berwarna kecokelatan dan harum semerbak
- Saring, lalu bisa diminum hangat/dingin


(SBH)
TAGs: Kesehatan