Fakta Unik Kandungan Jambu Biji bagi Imunitas Tubuh

Phooby Kamaratih - Kesehatan 22/03/2020
Photo by Fabrizio Frigeni on Unsplash
Photo by Fabrizio Frigeni on Unsplash

Oase.id- Selain jahe, jambu biji juga banyak disinggung bisa menjadi alternatif pencegahan penularan virus Covid-19 yang telah menjangkiti masyarakat Indonesia.

Bahkan, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) tengah melakukan penelitian terhadap jambu biji sebagai buah dengan kandungan yang berpotensi bisa dijadikan obat pencegah korona.

Dilansir dari emedihealth.com, berikut adalah fakta unik kandungan jambu biji yang bermanfaat bagi peningkatan kekebalan tubuh;

 

Nilai Gizi

Jambu biji merupakan pembangkit tenaga bernutrisi, penuh vitamin, mineral, antioksidan, polifenol, dan flavonoid. Selain itu, per 100 gram porsi buah ini disinyalir rendah lemak dan kalori. Jambu biji juga mengandung 14% dari referensi diet (DRI) untuk asupan serat tubuh. 

Baca: Bekerja atau Sekolah dari Rumah? Ikuti 3 Langkah Ini agar Tetap Produktif

 

Sebagai perbandingan, kebanyakan orang Amerika Serikat (AS) mengonsumsi kurang dari 50% serat yang direkomendasikan 25-38 gram per harinya.

Jambu biji juga menjadi salah satu sumber vitamin A dan C, tembaga, folat, dan serat yang baik. Antioksidan dalam jambu biji terduru daru beta karoten, likopen, zat besi, vitamin B, kalium, seng, dan fosfor.

 

Menekan osteoartritis

Radikal bebas dalam jambu biji berperan dalam menekan perkembangan osteoartritis. Beberapa penelitian menunjukkan, antioksidan dalam jambu biji mampu mengurangi kerusakan kerusakan jaringan tulang rawan.

Baca: Hindari Bersalaman, Ini Cara 5 Negara Mengganti Jabat Tangan Selama Siaga Korona

 

Meredakan keram menstruasi

Satu studi membandingkan efektivitas 3-6 miligram ekstrak jambu biji dengan 1.200 miligram ibuprofen per hari dalam mengurangi nyeri keram menstruasi.

Dalam Penelitian Epidemiologi dan Layanan Kesehatan "Centro Medico Nacional Siglo XXI", Institut Jaminan Sosial Meksiko (IMSS), Meksiko (2007) menemukan fakta wanita yang mengonsumsi 6 miligram ekstrak jambu biji telah secara signifikan mengurangi nyeri haid, selama periode studi 4 bulan dibandingkan dengan ibuprofen.

 

Melawan flu

Para peneliti mencari metode alternatif untuk memerangi super-virus ini. Kandungan flavanol dalam teh jambu biji merupakan antioksidan alami yang memiliki efek antivirus. 

Tidak seperti kebanyakan vaksin, kandung ini bertindak pada spektrum virus yang luas dan dapat digunakan untuk melawan segudang gejala flu yang muncul. 


(SBH)
TAGs: Kesehatan