Manfaat Berjalan Kaki, Olahraga Sederhana yang Disunnahkan Rasul

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 07/04/2021
Gambar oleh Barbara Iandolo dari Pixabay
Gambar oleh Barbara Iandolo dari Pixabay

Oase.id - Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan karena tidak membutuhkan peralatan tambahan. Selain itu, jalan kaki juga menawarkan banyak manfaat kesehatan. Mulai dari mencegah penyakit tertentu, hingga diyakini bisa memperpanjang usia.

Dalam islam, banyak hadis yang menjelaskan tentang berjalan kaki merupakan kegiatan yang menyehatkan tubuh. Sebagaimana Hadis yang diriwayatkan dari Abu Hurairah :

مَا رَأَيْتُ شَيْئًا أَحْسَنَ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، كَأَنَّمَا الشَّمْسُ تَجْرِي فِي وَجْهِهِ ، وَمَا رَأَيْتُ أَسْرَعَ فِي مِشْيَتِهِ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَأَنَّ الأَرْضَ تُطْوَى لَهُ ، إِنَّا لَنُجْهِدُ أَنْفُسَنَا ، وَإِنَّهُ لَغَيْرُ مُكْتَرِثٍ.

Abu Hurairah mengatakan, “Tidaklah aku mengetahui sesuatu pun yang lebih bagus dibandingkan Rasulullah , wajahnya terang seperti matahari. Dan tidaklah aku mengetahui seorang pun yang lebih cepat jalannya dibandingkan dengan Rasulullah , -ketika beliau berjalan- seakan-akan bumi ini digulung untuknya, kami telah bersungguh-sungguh menyamai beliau, namun beliau tidak bergeming sama sekali.

Sedangkan dalam al-Riyadhah fi Mandzur al-Islam, Sa’ud bin ‘Abdullah al-Rauqi menjelaskan bahwa berjalan adalah salah satu olahraga yang sudah ada sejak permulaan munculnya Islam dan sudah dilakukan oleh umat islam. Jalan kaki juga merupakan olahraga yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari Ibn ‘Abbas disebutkan:

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : خَيْرُ مَا تَدَاوَيْتُمْ بِهِ السَّعُوطُ وَاللَّدُودُ وَالْحِجَامَةُ وَالْمَشْيُ.

Rasulullah Saw bersabda: “Sebaik-baik aktivitas untuk mengobati diri adalah mengobati diri melalui hidung, melalui mulut, bekam, dan al-masy.”

Sa’ud bin ‘Abdullah al-Rauqi menjelaskan bahwa al-masy yang dimaksud adalah berjalan kaki. Karena berjalan kaki salah satu obat ampuh untuk mengurangi obesitas, rematik, melancarkan peredaran darah, meningkatkan pernafasan dan meningkatkan kerja otot.

Dari sisi kesehatan, berjalan kaki juga memiliki sejumlah manfaat. Berikut, manfaat berjalan kaki yang sudah dirangkum Oase.id dari healthline.com:

1. Membakar kalori

Jalan kaki bisa membantu membakar kalori. Membakar kalori dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan. Pembakaran kalori sebenarnya akan bergantung pada beberapa faktor, termasuk: kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, medan (akan membakar lebih banyak kalori saat berjalan menanjak daripada di permukaan datar), berat badan.

2. Memperkuat fungsi hati

Jalan kaki setidaknya 30 menit sehari dan lima hari seminggu dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner sekitar 19 persen. Dan risiko dapat berkurang lebih banyak lagi bila meningkatkan durasi atau jarak jalan setiap hari.

3. Menurunkan gula darah

Berjalan-jalan sebentar setelah makan dapat membantu menurunkan gula darah. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Diabetes Association menemukan bahwa berjalan kaki selama 15 menit, tiga kali sehari (setelah sarapan, makan siang, dan makan malam) menurunkan kadar gula darah lebih banyak daripada berjalan kaki selama 45 menit di siang hari.

4. Meningkatkan fungsi kekebalan

Jalan kaki dapat mengurangi risiko terkena flu. Sebuah studi dari British Journal of Sports Medicine, melacak 1.000 orang dewasa selama musim flu. Mereka yang berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 hingga 45 menit sehari mengalami 43 persen lebih sedikit hari sakit dan lebih sedikit infeksi saluran pernapasan bagian atas secara keseluruhan. Gejala mereka juga berkurang jika mereka sakit. Itu dibandingkan dengan orang dewasa dalam penelitian yang tidak banyak bergerak.

5. Meningkatkan mood

Jalan kaki dapat membantu kesehatan mental. Salah satu penelitian tahun 2006 tentang Exercise for Mental Health menunjukkan bahwa berjalan kaki dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif. Untuk mendapatkan manfaat dari berjalan kaki, usahakan untuk berjalan cepat selama 30 menit, tiga hari dalam seminggu.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus