Sering Digunakan Rasulullah, Berikut Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 03/06/2021
 Photo by Polina Tankilevitch from Pexels
Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Oase.id - Minyak zaitun telah menjadi bahan pokok dalam budaya Mediterania selama ribuan tahun. Sejak zaman Yunani dan Romawi Kuno, minyak zaitun tetap menjadi minyak goreng paling populer di wilayah tersebut hingga hari ini.

Selain berfungsi untuk menambah cita rasa makanan, minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Rasulullah ﷺ banyak menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Menurut Ibn Al-Juzi, Zanbi, Alqama Ibn Amir meriwayatkan bahwa Nabi ﷺ mengatakan, "Ada minyak zaitun untuk kalian; makanlah, pijat di atas tubuh Anda, karena ini efektif untuk wasir".

Dalam QS. An-Nur Ayat 35, Allah SWT telah menjelaskan tentang zaitun:

اَللّٰهُ نُوۡرُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ ‌ؕ مَثَلُ نُوۡرِهٖ كَمِشۡكٰوةٍ فِيۡهَا مِصۡبَاحٌ‌ ؕ الۡمِصۡبَاحُ فِىۡ زُجَاجَةٍ‌ ؕ اَلزُّجَاجَةُ كَاَنَّهَا كَوۡكَبٌ دُرِّىٌّ يُّوۡقَدُ مِنۡ شَجَرَةٍ مُّبٰـرَكَةٍ زَيۡتُوۡنَةٍ لَّا شَرۡقِيَّةٍ وَّلَا غَرۡبِيَّةٍ ۙ يَّـكَادُ زَيۡتُهَا يُضِىۡٓءُ وَلَوۡ لَمۡ تَمۡسَسۡهُ نَارٌ‌ ؕ نُوۡرٌ عَلٰى نُوۡرٍ‌ ؕ يَهۡدِى اللّٰهُ لِنُوۡرِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَ يَضۡرِبُ اللّٰهُ الۡاَمۡثَالَ لِلنَّاسِ‌ؕ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمٌ

Artinya: Allah (pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya, seperti sebuah lubang yang tidak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam tabung kaca (dan) tabung kaca itu bagaikan bintang yang berkilauan, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di timur dan tidak pula di barat, yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah memberi petunjuk kepada cahaya-Nya bagi orang yang Dia kehendaki, dan Allah membuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Dilansir dari aboutoliveoil.org, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang didukung penelitian yang paling menarik dari minyak zaitun :

1. Kandungan polifenol

Minyak zaitun extra virgin adalah sumber polifenol yang sangat melimpah, senyawa bioaktif alami dengan sifat antioksidan yang ditemukan dalam makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, dan zaitun. Kandungan ini dapat memerangi stress oksidatif, sejenis stres di dalam tubuh yang merusak lipid, protein, dan DNA dengan cara yang berkontribusi terhadap penyakit jantung, kanker, diabetes, dan demensia.

2. Mengurangi risiko kanker

Temuan dari studi 2020 baru-baru ini menunjukkan bahwa minyak zaitun extra virgin memicu perubahan pada bakteri usus yang terkait dengan pencegahan kanker kolorektal. Dan penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa wanita yang sering mengonsumsi minyak zaitun cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena kanker usus besar dan kanker payudara. Beberapa komponen minyak zaitun telah menunjukkan sifat anti kanker, di antaranya asam oleat, hidroksitirosol, oleokantal, fitosterol, dan squalene.

3. Mengandung antioksidan tinggi

Minyak zaitun extra virgin cukup bergizi selain asam lemak yang bermanfaat, ia mengandung vitamin E dan K Tapi minyak zaitun juga sarat dengan antioksidan kuat. Antioksidan aktif secara biologis dan dapat mengurangi risiko penyakit kronis, mereka melawan peradangan dan membantu melindungi kolesterol darah dari oksidasi.

4. Membantu mencegah stroke

Di negara maju, stroke adalah penyebab kematian kedua yang paling umum, tepat setelah penyakit jantung. Sebuah tinjauan besar studi pada 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

Sebuah studi Olive oil consumption and risk of CHD and/or stroke: a meta-analysis of case-control, cohort and intervention studies dengan 140.000 peserta yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah daripada mereka yang tidak.

5. Memiliki sifat antibakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut dan dapat menyebabkan sakit maag dan kanker perut. Sebuah penelitian pada manusia menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun extra virgin, diminum setiap hari, dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 10–40% orang hanya dalam dua minggu.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus