Pernah Tiba-tiba Kaget atau Terkejut ketika Tidur? Baca Doa Ini jika Mengalaminya

Sobih AW Adnan - Doa Sehari-hari 03/08/2020
Photo by 3Beds
Photo by 3Beds

Oase.id- Pernahkah tidurmu terganggu dengan perasaan kaget seperti terjatuh dari ketinggian? Banyak ilmuan menyebutnya dengan istilah hypnic jerk.

Menurut keterangan para ahli, perasaan terkejut ketika tidur ini biasanya disebabkan oleh konsumsi kafein dan tembakau yang berlebih. Mereka pun menganjurkan untuk menghindari minuman berkafein beberapa jam sebelum tidur. 

Baca: Doa Kebaikan untuk Orang yang Telah Menolong Kita

 

Hypnic jerk juga bisa terjadi pada orang yang sedang kelelahan. Meskipun jarang terjadi, saat tubuh sedang kelelahan, otak akan memroses tahap-tahap tidur dengan cepat, membuat sistem tubuh kebingungan, lantas menimbulkan perasaan kaget dan terkejut.

Nah, jika kamu mengalaminya, jangan lupa panjatkan doa berikut;

أَعُوْذً بِكَلِمَاتِ اللهِ تَامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنَ

 

A’udzu bi kalimaatillahi taammati min ghadabihi wa min syarri ibaadihi wa min hamazaatis syayathini wa an yahdhurun.

Baca: Doa Mencari Pekerjaan

 

“Aku berlindung dengan kalimah Allah yang sempurna dari kemarahan Allah dari kejahatan hamba-hamba-Nya dan dari gangguan setan dan dari kehadiran mereka."

Doa ini sebagaimana diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Sunni;

"Seorang laki-laki datang kepada Nabi Muhammad Saw dan mengadukan bahwa ia sering terkejut di dalam tidurnya. Rasulullah menjawab, apabila kamu telah berada di tempat tidurmu, bacalah, 'A’udzu bi kalimaatillahi taammati min ghadabihi wa min syarri ibaadihi wa min hamazaatis syayathini wa an yahdhurun.' Setelah doa ini dibaca, maka hilanglah gangguan tidurnya."

 

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-Abraar atau Al-Adzkaar An-Nawawiyah karya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.


(SBH)