Minneapolis Membolehkan Kumandang Adzan Lima Waktu Salat

N Zaid - Masjid 28/04/2023
Masjid Minneapolis. Foto Ist
Masjid Minneapolis. Foto Ist

Oase.id - Adzan akan segera bergema di jalan-jalan Minneapolis, Minnesota, karena menjadi kota besar AS pertama yang menyetujui masjid untuk menyiarkan adzan lima kali setiap hari secara publik.

Dewan Kota Minneapolis dengan suara bulat menyetujui resolusi yang membuat perubahan pada peraturan kebisingan kota, yang telah mencegah beberapa panggilan pagi dan malam selama waktu tertentu dalam setahun.

“Ini adalah kemenangan bersejarah bagi kebebasan beragama dan pluralisme bagi seluruh bangsa kita,” kata Jaylani Hussein, direktur Dewan Hubungan Islam Amerika (CAIR) cabang Minnesota, dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, setelah pemungutan suara.

“Kami berterima kasih kepada anggota Dewan Kota Minneapolis karena memberikan contoh yang luar biasa ini, dan kami mendesak kota-kota lain untuk mengikutinya.”

Pemungutan suara berlangsung selama bulan suci Ramadhan dan disambut dengan perayaan dari anggota komunitas Muslim setempat. Jacob Frey, walikota Minneapolis menandatangani resolusi tersebut pada Senin, 17 April 2023.

“Minneapolis telah menjadi kota untuk semua agama,” kata Imam Mohammed Dukuly dari masjid Masjid An-Nur di Minneapolis.

Tahun lalu, kota itu mengizinkan adzan disiarkan sepanjang tahun, tetapi hanya antara pukul 07.00 dan 22.00, tidak termasuk beberapa salat subuh dan magrib.

Shalat berlangsung saat cahaya muncul saat fajar, siang, sore, saat matahari terbenam, dan saat langit malam muncul. Di Minneapolis, fajar datang paling cepat pukul 5:30 pagi dan matahari terbenam setelah pukul 9 malam pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Sejak 1990-an, Minneapolis telah memiliki komunitas imigran yang bersemangat dari Afrika Timur, dan masjid telah menjadi hal biasa di seluruh kota, di mana tiga dari 13 anggota dewan kota mengidentifikasi diri sebagai Muslim.

Resolusi tersebut mendapat dukungan dari orang-orang dari berbagai agama di komunitas tersebut, termasuk para pemimpin Kristen dan Yahudi yang mendukung perpanjangan jam pada audiensi publik baru-baru ini.

Upaya tersebut tidak menghadapi oposisi publik yang termobilisasi, terutama di negara di mana upaya untuk mempromosikan aktivitas masjid terkadang menjadi sasaran Islamofobia dan retorika anti-Muslim.(islamicity)


(ACF)
TAGs: Masjid