Bagaimana Ekspatriat di Arab Saudi Bisa Memelihara Anjing?

N Zaid - Hewan 21/01/2024
Foto: Ist.
Foto: Ist.

Oase.id - Jika Anda seorang ekspatriat yang akan pindah ke Arab Saudi dengan anjing Anda dan khawatir dengan peraturan dan prosedur setempat, berikut adalah daftar hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membawa teman berbulu Anda ke Arab Saudi.

Meskipun tidak ada batasan hukum dalam memelihara anjing atau hewan peliharaan tertentu di Arab Saudi, umat Islam pada umumnya menghindari memelihara anjing di dalam rumah mereka kecuali untuk tujuan keamanan.

Anjing, kucing, dan burung umumnya diperbolehkan sebagai hewan peliharaan di negara ini.

Para pecinta anjing di Saudi dapat menikmati sejumlah aktivitas di Kerajaan tersebut di beberapa kafe dan inisiatif anjing yang ramah hewan peliharaan seperti Paws Society. Tahun lalu, Arab Saudi juga menjadi tuan rumah festival anjing di Riyadh Season dengan lebih dari 250 anjing berkompetisi di berbagai kategori, antara lain kontes kecantikan, Balap Saluki, IGP, dan ketangkasan.

Untuk membawa anjing Anda ke Arab Saudi, anjing tersebut harus diklasifikasikan ke dalam salah satu dari tiga kategori, apa pun rasnya: anjing pengawas, anjing penjaga, atau anjing pemburu.

Ras anjing tertentu, termasuk Pit Bull, Doberman, dan Rottweiler, tidak diperbolehkan di Arab Saudi. Sebelum membuat pengaturan perjalanan, disarankan untuk memeriksa daftar ras dan spesies yang dilarang.

Segala upaya untuk mengimpor ras yang dilarang dapat mengakibatkan penyitaan, denda, dan tindakan hukum.

Bagaimana cara membawa anjing Anda ke Arab Saudi?
Agar berhasil membawa anjing peliharaan Anda ke Arab Saudi, pemerintah telah menetapkan persyaratan khusus, yang didaftarkan secara online oleh kedutaan Kerajaan.

Izin impor
Izin impor dari Direktorat Pertanian di Riyadh diperlukan untuk hewan peliharaan Anda sebelum tiba di Arab Saudi. Izin harus diperoleh dari negara asal Anda.

Untuk mendapatkan izin impor, diperlukan beberapa dokumen, antara lain sertifikat vaksinasi rabies yang masih berlaku, fotokopi paspor, dan fotokopi registrasi microchip hewan peliharaan Anda. Perusahaan relokasi hewan peliharaan siap membantu melalui proses tersebut.

Surat keterangan kesehatan hewan
Dokter hewan harus mengeluarkan surat keterangan kesehatan dalam waktu 30 hari setelah perjalanan ke Arab Saudi, yang menyatakan bahwa hewan peliharaan tersebut telah diperiksa, telah divaksinasi untuk semua kemungkinan penyakit, dan dalam keadaan sehat.

Sertifikat tersebut harus disahkan oleh otoritas medis terkait, Kementerian Luar Negeri, dan kedutaan Saudi di negara asal Anda.

Menerbangkan hewan peliharaan Anda ke Arab Saudi
Saudi Arabia Airlines, Saudia, memperbolehkan pemindahan anjing peliharaan jika ditempatkan di kandang dan disertai surat keterangan sehat yang menyatakan bebas penyakit dan memenuhi syarat untuk diangkut dalam atau luar negeri.

Formulir deklarasi pabean
Setelah anjing Anda tiba di Kerajaan, ia harus diambil dari depot kargo Saudi pada saat kedatangan. Anda mungkin diminta untuk mengisi formulir deklarasi bea cukai. (alarabiya)


(ACF)
TAGs: Hewan