Cara Sederhana untuk Mengetahui Telur Berkualitas

Phooby Kamaratih - Wisata Kuliner 02/03/2021
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Oase.id – Telur sudah menjadi bahan pangan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat seluruh dunia. Dengan harganya yang sangat terjangkau dan tentu rasanya yang nikmat, telur menjadi alternatif beberapa orang saat harga bahan pangan seperti daging dan ikan mahal.

Selain digunakan sebagai menu makanan sehari-hari, telur juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan. Namun, tahukah kamu cara memilih telur yang berkualitas agar dapat memperoleh gizi sempurna dari telur. Dilansir Healthline.com, ada 4 cara sederhana untuk mengetahui kualitas sebuah telur :

1. Periksa tanggal kedaluwarsa

Jika membeli telur yang sudah dalam kemasan, salah satu cara mudah untuk mengetahui apakah telur masih bagus adalah dengan memeriksa tanggal pada karton kemasan. Selain melihat tanggal kedaluwarsa, bisa juga dengan melihat tanggal kemasan. Biasanya, kualitas telur akan menurun setelah lebih dari 21 hari dalam kemasan.

2. Bau

Telur yang sudah rusak atau kedaluwarsa akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jika kamu belum bisa mencium bau telur saat masih dalam cangkang, bisa dengan memecahkan telur dalam wabah dan mulai mengendus telur. Jika tidak ada bau yang muncul dari telur, maka pertanda bahwa telur masih aman dikonsumsi.

3. Kondisi cangkang dan isi telur

Telur yang masih layak dikonsumsi dapat dilihat dari cangkangnya yang tidak pecah dan berlendir. Untuk memeriksa lebih lanjut apakah putih atau kuning telur bertekstur encer, karena hal ini menunjukan bahwa telur sudah tua dan kualitasnya menurun.

Memeriksa perubahan warna pada isi telur juga penting untuk mengetahui apakah ada tanda-tanda bakteri atau jamur di dalam telur.

4. Tes apung

Tes apung adalah salah satu metode paling populer untuk memeriksa apakah telur itu baik atau buruk. Untuk melakukan tes mengapung, masukkan telur ke dalam mangkuk atau ember berisi air dengan hati-hati. Jika telur tenggelam, berarti telur masih segar. Jika miring ke atas atau bahkan mengapung, berarti sudah tua.


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus