Sedang Gugup atau Gelisah? Baca Doa Ini Agar Tenang

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 22/03/2021
Photo by cottonbro from Pexels
Photo by cottonbro from Pexels

Oase.id - Perasaan gugup atau gelisah sering kali terjadi pada diri seseorang. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena masalah kerja, rumah tangga, bahkan sampai asmara.

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Bagi kita kaum muslimin, berdoa adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk bisa mengatasi perasaan gugup atau gelisah. Hal ini sesuai dengan anjuran Nabi besar kita Muhammad .

Dahulu kala, sahabat nabi Walid al-Walid radhiyallaahu anhu (RA) diserang perasaan gelisah sehingga tidak bisa tidur. Rasul pun akhirnya memerintahkan untuk membaca doa pendek saat berada di tempat tidur agar perasaannya kembali tenang.

Doa yang dianjurkan Nabi Muhammad yakni;

“A’uudzu bikalimaatil laahit taammati min ghadhabihii wa iqaabihii wa syarri ibaadihi wa min hamazaatis syayaathiini wa an laa yadhurrun.”

Artinya:

“Aku berlindung dengan menyebut kalam Allah yang sempurna dari kemurkaan-Nya, siksa-Nya, kejahatan hamba-hamba-Nya, dari gangguan setan dan kedatangan mereka kepadaku.” (HR. Ibnus Sunni)

Halnya yang diceritakan al-Barra bin Aazib radhiyallaahu anhu (RA), bahwa ada seorang laki-laki datang mengadu kepada Rasulullah tentang rasa gelisahnya, Rasul pun bersabda: banyak-banyaklah membaca doa di bawah ini:

“Subhaanal malikil qudduusi rabbil malaa’ikati warruuhi jallaatis samaawaati wal ardha bil ‘izzati wal jabaruut.”

Artinya:

“Maha suci Allah penguasa yang Maha Kudus, Tuhan yang disembah oleh para malaikat, Engkau penuhi langit dan bumi dengan kemuliaan dan keperkasaan-Mu.”  (HR. Ibnus Sunni)

Sumber: Disarikan dari keterangan dalam Al-Adzkar An-Nawawiyah karya al-Imam Abi Zakaria Yahya bin Syaraf an-Nawawi


(ACF)