Inilah 6 Pilar Riaz ul Jannah Beserta Artinya

N Zaid - Nabawi 19/04/2024
Foto: theislamicinformation
Foto: theislamicinformation

Oase.id - Di jantung Masjid Nabawi terdapat tempat yang paling suci. Inilah pilar-pilar yang masing-masing menyimpan cerita unik pada zaman Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Pilar Riyaz ul Jannah terbuat dari pohon palem.

Al-Rawdah Al-Sharifah terletak di Masjid Nabawi. Tempat suci ini dijaga oleh enam tiang. Setiap pilar merupakan satu bab dari kehidupan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, sebuah kisah yang terukir dalam waktu.

1. Pilar Wangi (Ustuwanah al-Mukhallaqah)

embed
Pilar Wangi juga dikenal sebagai Pilar Menangis. Hal ini pernah didukung oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada saat khutbahnya. Itu digantikan oleh mimbar. Konon batang pohon palem merindukan kehadiran Nabi.

2. Pilar Aisyah (Ustuwanat Aisyah)

embed

Juga dikenal sebagai:

Tiang Pembuangan Undi (Ustuwanah al-Qur’ah)
Tiang Muhajirin (Ustuwanah al-Muhajirin)
Pilar Aisyah Ustuwanat Aisyah

Pilar ini bertuliskan nama istri tercinta Nabi. Ini menandai tempat yang diberkati untuk berdoa. Ia juga dikenal sebagai Pilar Para Emigran.

3. Pilar Penjaga (Ustuwanah al-Haras)

embed
Juga dikenal sebagai: Pilar Ali bin Abi Thalib (Ustuwanah Ali bin Ali Thalib)
Pilar Penjaga Ustuwanah al Haras
Itu berdiri di tempat Ali bin Abi Thalib duduk. Dia akan menjaga Nabi Suci mulai saat ini. Itu adalah simbol pengabdian dan perlindungan. Dikenal dengan nama Ustuwanah Ali bin Ali Thalib.

4. Pilar Tobat (Ustuwanah al-Taubah)

embed

Juga dikenal sebagai:

Tiang Abu Lubabah (Ustuwana Abu Lubabah)
Rukun Taubat Ustuwanah al Tawbah
Disebut juga Pilar Abu Lubabah. Di sinilah seorang sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam meminta ampun ketika dia berbuat dosa. Itu melambangkan harapan dan belas kasihan.

5. Pilar Delegasi

embed
Tiang Delegasi Ustuwanah al Wufud
Di sinilah Nabi menyambut suku-suku. Ini merupakan bukti perannya sebagai pemimpin dan diplomat. Pilar ini adalah tempat yang sama dimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menerima delegasi.

6. Pilar Tempat Tidur (Ustuwanah al-Sarir)

embed

Tiang Tempat Tidur Ustuwanah al Sarir
Pilar ini menunjukkan tempat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mencari kesendirian selama bulan Ramadhan. Ini melambangkan dedikasi dan refleksi spiritual.

Disebut tiang tempat tidur karena di atasnya diletakkan tempat tidur dari dahan pohon palem. Tempat tidur ini digunakan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Saat itulah beliau melaksanakan itikaf.

Pilar-pilar ini telah teruji oleh waktu. Meskipun telah direnovasi, bangunan-bangunan tersebut tetap tidak berubah. Mereka dibalut marmer putih sejak 1404 H. Mereka bukan sekedar struktur tetapi mercusuar iman.

Pada hakikatnya, enam rukun Riyaz ul-Jannah lebih dari sekedar peninggalan belaka. Mereka menghubungkan masa lalu dengan masa kini. Mereka menjadi saksi bisu warisan abadi Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam. Pilar-pilar ini menginspirasi umat Islam di seluruh dunia.(TII)


(ACF)
TAGs: Nabawi