Nabi Tak Pernah Panik saat Menghadapi Kehebohan

Sobih AW Adnan - Nabi Muhammad Saw 03/03/2020
Photo by DDP on Unsplash
Photo by DDP on Unsplash

Oase.id- Rasulullah Muhammad Saw selalu menenangkan. Bukan sekadar dari nasihat-nasihat yang diucapkan, melainkan pula dari segenap perilaku yang diteladankan. 

Sekali waktu, Madinah dilanda satu kabar heboh. Masyarakat pun panik. Demi memastikan dan menenangkan umatnya, Nabi segera meminjam seekor kuda milik Abu Thalhah, lantas menuju sumber kegemparan yang disebut banyak orang.

Ketika kembali, Nabi bersabda, "Kami tidak menjumpai satu kegemparan. Dan sesungguhnya, yang kami menjumpai kuda bernama Mandub ini benar-benar kencang larinya, mirip ombak menggulung lautan."

 

Keberanian Rasulullah untuk menjadi orang pertama dalam memeriksa simpang siur isu yang beredar di masyarakat juga dicontohkan saat senyap malam kota Madinah dikejutkan suara yang dahsyat. Ketika orang-orang berbondong-bondong keluar rumah menuju sumber suara, Nabi telah lebih dulu berada di tempat tersebut dan berbalik ke arah keramaian dan bersabda;

Baca: Cerita Nabi Batal Umrah

 

"Jangan panik, jangan panik."

Kepanikan masyarakat Madinah pun redam, lantaran memang menjumpai panutannya itu menyampaikan pesan dengan tetap tenang dan tampak santai. 


Sumber: Disarikan dari hadis No. 4266 (Bab Fadhail) dalam Shahih Muslim dan hadis No. 2434 (Kitab Hibah) dalam Shahih Al-Bukhari 


(SBH)