Akan Ada Dua Ramadan di Tahun 2030

N Zaid - Idulfitri 14/04/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Selama ini biasanya Ramadan dan Idul Fitri hanya terjadi sekali dalam setahun. Tetapi pada tahun 2030, hal itu tidak akan berbeda. Pasalnya, pada tahun itu akan ada dua Ramadhan dan dua Idul Fitri.

Artinya pada tahun yang sama, umat Islam akan merayakan 3 hari raya (2 Idul Fitri dan 1 Idul Adha).

Pakar bulan telah melihat kemungkinan kalender lunar dan memastikan bahwa tahun 2030 akan ada dua Ramadan.

Sebelum zaman Teknologi, ketika kita menggunakan teleskop berteknologi tinggi untuk melihat bulan, bulan dapat dilihat dengan mata telanjang.

Bulan dan siklus kalender lunar mengkonfirmasi kapan bulan Ramadhan akan jatuh.

Pakar bulan Minhal Khan mengkonfirmasi di Twitter-nya bahwa bulan lunar bergerak maju 10 hingga 11 hari setiap tahun, dan pada saat kita mencapai tahun 2030, kita akan mendapatkan Ramadhan di bulan Januari, dan kemudian kita akan mendapatkan bulan suci yang sama di bulan Desember.  

Chief Executive Officer Dubai Astronomy Group, Hassan Ahmed Al Hariri, menegaskan bahwa terjadinya Dua Ramadan sangat mungkin terjadi karena penanggalan yang kita ikuti di seluruh dunia terkait dengan Matahari sedangkan penanggalan Islam mengikuti bulan, sehingga hal ini sudah bisa dipastikan.

Dia lebih lanjut menegaskan bahwa Ramadhan 2030 akan terjadi pada awal Januari dan lagi pada akhir Desember.(theislamicinformation)


(ACF)
TAGs: Idulfitri