Hijabers, ini 5 Makanan Terbaik Agar Rambut Sehat dan Anti Rontok

Phooby Kamaratih - Tips Kesehatan 23/09/2021
 Photo by RODNAE Productions from Pexels
Photo by RODNAE Productions from Pexels

Oase.id - Salah satu permasalahan rambut yang sering dialami oleh para muslimah adalah kerontokan. Terlalu lama menggunakan hijab dan faktor lainnya menjadi pemicu terjadinya kerontokan pada rambut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rambut rontok. Mulai dari perawatan rambut dengan menggunakan produk anti rontok, tidak menggunakan hijab saat rambut masih dalam keadaan basah, hingga mengonsumsi makanan yang mampu menunjang kesehatan rambut.

Dilansir dari food.ndtv.com, berikut beberapa makanan terbaik untuk cegah kerontokan dan baik untuk pertumbuhan rambut:

1. Telur

embed

Setiap helai rambut terdiri dari sel yang terbuat dari protein yang disebut keratin dan diperlukannya nutrisi harian yang baik agar rambut panjang dan kuat. Dan telur merupakan makanan yang mengandung protein alami yang sangat baik.

2. Jeruk

embed

Kandungan vitamin C dalam jeruk ternyata mampu membantu penyerapan zat besi yang dibutuhkan rambut. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen yang membuat kapiler terhubung ke batang rambut kuat sehingga memastikan pasokan nutrisi menjadi teratur dan pertumbuhan rambut yang cepat.

3. Kacang yang mengandung asam lemak omega-3

embed

Beberapa kacang seperti almond dan kenari mengandung asam lemak omega-3 yang berguna memberikan nutrisi pada rambut dan mempercepat penebalan rambut. Kandungan lemak ini dibutuhkan karena tubuh tidak dapat menghasilkan kandungan sehat ini.

4. Wortel

embed

Mengonsumsi jus wortel setiap hari mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Rambut mengandung jaringan yang tumbuh paling cepat dalam tubuh dan vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan setiap sel. Vitamin yang terkandung dalam wortel juga mampu membantu kulit kepala dalam memproduksi minyak sebum alami yang menjaganya dan akarnya tetap sehat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Alpukat

embed

Alpukat adalah sumber vitamin E yang bagus dan juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung. Selain itu, vitamin E meningkatkan sirkulasi darah dan membantu folikel bekerja lebih efisien untuk mendorong pertumbuhan rambut. Tentunya mampu menjaga keseimbangan kadar minyak dan PH yang jika melebihi dapat menyumbat folikel rambut dan menghentikan pertumbuhan rambut.


(ACF)