3 Masjid Ikonik yang Hancur karena Gempa Turki- Suriah

N Zaid - Masjid 11/02/2023
Adiyaman Ulu rata dengan gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah (Screengrab/Twitter)
Adiyaman Ulu rata dengan gempa bumi yang melanda Turki dan Suriah (Screengrab/Twitter)

Oase.id -  Gempa bumi dahsyat yang melanda Turki selatan dan Suriah barat laut telah merusak beberapa situs bersejarah berusia berabad-abad, termasuk setidaknya tiga masjid ikonik yang memiliki arti penting bagi populasi Muslim yang besar di kawasan itu.

Beberapa situs bersejarah yang menyelimuti daerah tersebut juga dipastikan telah dihancurkan, termasuk Kastil Gaziantep yang terkenal, Benteng Diyarbakir, dan Lanskap Budaya Taman Hevsel.

Untungnya, yang lain, seperti struktur Gobekli Tepe, yang secara luas dianggap sebagai tempat ibadah tertua di dunia, tampaknya selamat.

Lebih dari 21.000 orang dipastikan tewas sejak gempa dahsyat berkekuatan 7,8 pada Senin, yang merupakan salah satu gempa terkuat yang melanda Turki dan kawasan itu sejak 1999.

Di sini, kita melihat tiga masjid ikonik yang diketahui telah hancur karena gempa.

1. Masjid Agung Adiyaman Ulu

embed

Terletak di tenggara Turki, kawasan Adiyaman terkenal dengan sejarahnya yang kaya. Menurut catatan arkeologi, daerah tersebut berasal dari Zaman Paleolitik.

Wilayah ini telah menjadi tuan rumah bagi sejumlah peradaban yang berbeda, mulai dari Hittites, Mittanis, Assiyrians, hingga Persia dan Alexander Agung.

Daerah ini juga merupakan rumah bagi reruntuhan dan barang antik dari era Helenistik, Romawi, dan Bizantium.

Adiyaman Ulu Camii yang bersejarah, yang terletak di pusat kota kawasan tersebut. Telah dihancurkan. Gambar dan video yang dibagikan secara online menunjukkan kubah dan dinding masjid telah runtuh total.

Menurut media setempat, masjid tersebut dibangun oleh Dulkadirli Bey Durak Bey, antara tahun 1506 hingga 1515.

Masjid ini telah melalui banyak perbaikan dan rekonstruksi selama bertahun-tahun, dengan satu prasasti mengatakan bahwa itu dibangun kembali pada tahun 1863 dan yang lain mengatakan bahwa itu dipulihkan pada tahun 1902.

Pintu masuk masjid terdiri dari pintu melengkung dengan tiang-tiang batu.

2. Masjid Agung Sirvani

embed

Terletak di Gaziantep, barat daya kastil Gaziantep yang terkenal, yang juga hancur akibat gempa, adalah masjid Sirvani. Masjid tersebut merupakan salah satu yang tertua di kota tersebut, dan dibangun oleh Sirvani Mehmet Effendi.

Juga dikenal sebagai Iki Serefeli Camii, atau masjid balkon ganda, itu terkenal dengan fitur unik menara dengan dua balkon.

Gambar yang dibagikan secara online menunjukkan kubah dan dinding timur masjid abad ke-17 itu telah runtuh pada hari Senin.

Masjid ini juga terkenal dengan dekorasi menaranya yang mengesankan.

Situs ini menjadi hotspot turis selama bertahun-tahun, dengan banyak hotel di sekitarnya.

3. Masjid Agung Karagoz

embed

Ditemukan di salah satu bagian tertua Gaziantep, masjid bersejarah Karagoz dibangun oleh Battal Aga, kakek dari jenderal Turki terkenal, Nuri Mehmet Pasha.

Masjid ini selesai pada 1758 dan mendapatkan namanya dari suku Turkmenistan yang disebut 'Karagozlu', yang tinggal di antara Aleppo dan Antep di Suriah.

Pengguna media sosial berbagi gambar masjid yang dikelilingi puing-puing. Beberapa dinding masjid masih utuh, dan menara masjid masih berdiri, namun tampak rusak berat.(mee)


(ACF)
TAGs: Masjid