Pria Muslim di Kanada Viral Setelah Tunjukkan Akhlak Mulia di Dalam Bus

N Zaid - 02/12/2022
Foto: Daily Mail
Foto: Daily Mail

Oase.id - Kisah kedermawanan seorang pria muslim di Kanada viral di media sosial, setelah ia memberikan sepatunya kepada seorang yang digambarkan terlihat lusuh ketika berada di sebuah bus. 

Media Huffington Post mengangkat kisah itu, setelah ceritanya viral di media sosial. Namun, pria tersebut tidak ingin mengungkap jati dirinya. Ia tidak ingin terkenal karena tindakannya yang menuai pujian warganet itu.

Media itu hanya bisa menemui pengemudi bus yang menceritakan momen yang menghangatkan jiwa itu. Daily Mail juga mengangkat kisah ini ke dalam artikelnya. 

"Seorang pengemudi bus di Kanada mengalami momen 'menyentuh jiwa' pada hari Sabtu ketika dia menyaksikan seorang penumpang tanpa pamrih memberikan sepatu dan kaus kakinya kepada orang asing yang alas kakinya hanya sepasang jaring rambut plastik," tulis Daily Mail.

Pengemudi bus Surjit Singh Virk - pengemudi veteran selama 16 tahun untuk Coast Mountain Bus Co. di Vancouver - sedang tidak bertugas dan kembali dari parade Vaisakhi Surrey B.C. ketika dia menyaksikan tindakan kebaikan pria tak dikenal itu.

Singh Virk berhasil mengambil beberapa foto dari interaksi pria baik hati dengan penumpang lain, yang nampaknya membutuhkan tersebut dan membagikannya di media sosial.

Dia bercerita bahwa pria tersebut awalnya memperhatikan pria di sebelah kirinya yang tidak memakai sepatu ketika dia melihatnya di bus. Jadi dia memberinya sepatu yang dia kenakan dan berjalan pulang tanpa alas kaki.

'Itu membuat hati saya meleleh,' katanya kepada QMI Agency, sebuah perusahaan media Kanada. 'Dia hanya melepas sepatu dan kaus kakinya dan berkata, 'Kamu bisa mengambil ini, jangan khawatirkan aku - aku tinggal dekat dan bisa berjalan.'

'Orang-orang biasanya tidak peduli atau bahkan melihat orang lain di dalam bus, mereka bahkan tidak ingin duduk di samping pria ini karena cara berpakaiannya.'

Pria baik hati yang tanpa pamrih menyerahkan sepatunya kepada sesama penumpang yang kurang beruntung. Ia berhasil dihubungi melalui telepon, tetapi meminta outlet berita untuk tidak mengidentifikasi namanya karena sebagai muslim ia percaya seseorang harus tanpa pamrih ketika membantu orang lain.

Singh Virk mengatakan dia berbicara dengan penerima sepatu setelah Orang Samaria yang Baik itu turun dari bus. Dia mengatakan pria itu 'terkejut.'

'Sungguh pria yang baik ... Apakah ini benar-benar terjadi? Singh Virk mengutip ucapan pria itu.

Menurut QMI, pria itu juga enggan mengizinkan penggunaan fotonya, namun akhirnya menyetujuinya.

"Saya merasa kasihan pada pria itu," kata warga Surrey berusia 27 tahun yang murah hati itu. "Dia mengenakan jepit rambut plastik di kakinya. Saya hanya sekitar dua menit berjalan kaki dari rumah, jadi saya pikir saya bisa memberinya sepatu saya.'

"Orang yang dermawan tidak ingin diidentifikasi karena keyakinan Muslimnya mengajarkan bahwa semua tindakan amal harus dilakukan secara anonim," tulis Daily Mail.

Pemuda yang baik hati tanpa nama itu datang dari masjid terdekat ketika dia melihat pria yang membutuhkan.

Mufti Aasim Rashid, juru bicara B.C. Asosiasi Muslim - yang mengelola mesjid di mana pria itu adalah jamaah - mengatakan kepada QMI bahwa tindakan tanpa pamrih akan memenuhi syarat sebagai tindakan umum amal - yakni sedekah.

"Setiap kali kita melakukan perbuatan baik, bahkan jika itu untuk membantu seseorang, ajaran Islam mempertahankan ini harus tetap hanya untuk keridhaan Allah,' kata Rashid. 'Senang melihat orang-orang mempraktikkan ajaran ... sepertinya dia benar-benar mendapat manfaat,' ujarnya.


(ACF)
TAGs: