Apa Saja yang Bisa Dinikmati Saat Wisata di Doha Qatar?

N Zaid - Fakta Unik 24/11/2022
Foto: youth-hostel.si
Foto: youth-hostel.si

Oase.id - Ibu kota Qatar, Doha atau Al-Dawhah dalam bahasa Arab, terletak di pesisir timur Semenanjung Qatar yang berbatasan dengan Teluk Persia di Asia Barat. Garis pantai sepanjang lima kilometer menjadi pelabuhan penting bagi Qatar pada tahun 1970 ketika teluk diubah untuk menampung kapal-kapal besar. 

Pada abad ke-21, kota ini memperoleh 400 hektare lahan dan tambahan 32 kilometer garis pantai dengan Pulau Mutiara yang dibuat secara artifisial yang dikenal sebagai Pearl-Qatar berkat pembangunan perkotaan. Bagian tengah kota berpenduduk 344.939 jiwa, sedangkan wilayah metro berpenduduk 651.799 jiwa.

Kota wisata Doha memberikan sekitar 27.000 izin tinggal asing di 12 distrik di Pearl-Qatar yang dibuat secara artifisial. Jika memiliki kesempatan berkunjung ke Doha, kira-kira atraksi wisata apa saja yang bisa dikunjungi?

Atraksi budaya di Doha
Kunjungan ke Doha dan menjelajahi karakteristik budaya Qatar menawarkan wawasan tentang sejarah dan perkembangan ibu kota Qatar. Dengan mengubah komposisi geologis wilayah di Teluk Persia dengan Pearl-Qatar yang dibuat secara artifisial, daya tarik budaya tata kota Qatar, kota ini mengembangkan arsitektur khas Asia Barat. 

Doha telah menjadi ibu kota negara sejak tahun 1971 dan telah mengembangkan bagian perkotaannya seperti kota-kota besar AS dan Asia serta kota-kota metropolitan di Asia barat dan timur. Arsitektur khas Islam yang menyatu dengan arsitektur kota modern, memadukan unsur gaya tradisional Islam dan modern secara konseptual.

Kampung Budaya Katara merupakan pusat seni dan budaya yang menghubungkan berbagai institusi dan bangunan. Kompleks yang memiliki amfiteater, masjid, pusat seni Katara, pertokoan, restoran, dan kafe ini merupakan pusat wisata budaya dan relaksasi yang terletak di sebelah pantai indah di pantai barat. Ada acara lima hari yang disebut Festival Film Doha Tribeca di Desa Budaya Katara pada tahun 2010 ketika dibuka secara resmi. 

Festival ini menampilkan film-film Arab dan asing. Ada pameran gratis di Al Thuraya Planetarium setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Anda bisa belajar tentang tata surya dan planet-planet di tempat ini. 

Sementara, amphitheatre di Desa Budaya Katara dirancang dengan gaya Yunani dan dipengaruhi oleh arsitektur Islam. Ini mencakup area seluas 3.275 meter persegi. Amfiteater terbuka setengah lingkaran dapat menampung hingga 5.000 penonton dalam 30 baris dan menawarkan pemandangan laut dan Desa Budaya Katara. 

embed

Pemandangan arena di latar belakang menunjukkan patung seni bernama The Force of Nature. Sebuah pencapaian pahatan, itu menggambarkan kekuatan alam yang kalah melawan manusia. Patung The Force of Nature menggambarkan kekuatan alam yang dipersonifikasikan yang, dengan selembar kain, menghambat kehidupan di Bumi dengan menghambat perkembangan umat manusia.

Masjid Katara dirancang oleh arsitek dan desainer interior Turki Zeynep Fadillioğlu. Dia telah mendapatkan penghargaan berkali-kali untuk desain interiornya dan karyanya menyajikan gaya Islam khas Asia Barat dengan elemen gaya modern dan elemen dekoratif arsitektur tradisional. Eksterior masjid tercermin dalam nuansa biru dan emas ubin berenamel Persia dan Turki. Itu terinspirasi oleh Istana Dolmabahçe Istanbul tetapi, dengan Menara Merpati, menggabungkan elemen arsitektur tradisional dan gaya modern di Desa Budaya Katara, menekankan kegunaan bangunan.

embed

Katara Art Center (KAC) adalah area dengan banyak galeri seni, area pameran, dan panggung seni. Banyak lokakarya seni, pameran, lelang, dan kuliah berlangsung di delapan area terbuka yang membentang lebih dari seribu meter persegi. Dengan moto "tempat seni bertemu budaya", menciptakan ekosistem kreatif yang melampaui seni, desain, dan budaya yang mapan dan tradisional. Inkubator seni mencoba mengembangkan program melalui produksi seni oleh seniman yang tidak dikenal serta merek dagang terkenal dunia, seperti Sotheby's. Pusat Seni Katara adalah institusi seni di Timur Tengah.

Kegiatan wisata luar ruangan yang menarik

embed
Gurun Doha menawarkan banyak pilihan bagi para pelancong untuk petualangan yang merupakan keharusan ketika mengunjungi ibu kota Qatar. Menjelajahi bukit pasir, menunggang unta, sandboarding, dan dune bashing adalah pengalaman yang menawarkan relaksasi dari segala hiruk pikuk kota. Bukit pasir tak berujung saat matahari terbenam adalah pemandangan yang tidak akan pernah Anda lupakan. Perjalanan ke Wakra dan Messaid, Pantai Sealine dan Khawr al Udayd selain bersepeda quad di bukit pasir merupakan petualangan yang penuh adrenalin. Semua yang ingin naik bus melewati padang pasir dapat memanfaatkan petualangan Monster Bus. Bus dapat membawa hingga tiga puluh dua penumpang dalam perjalanan off-road.

Pasar tradisional Souq Waqif di Doha adalah galeri seni dan pusat perbelanjaan tempat Anda dapat membeli rempah-rempah, jamu, wewangian, dan barang-barang menarik lainnya. Kunjungan dua jam ke pasar akan memungkinkan Anda membeli produk lokal dan membantu Anda mempelajari tentang tempat menarik lokal di Dhow Harbour. 

Ikuti pelayaran dengan salah satu perahu tradisional dhow yang pernah digunakan untuk memancing serta mengangkut orang dan barang. Tur perahu akan menunjukkan kepada Anda lingkungan teluk dan Pearl-Qatar yang dibuat secara artifisial. Di malam hari, Anda dapat melakukan city tour dengan singgah di Museum of Islamic Art, Souq Waqif, Katara, Pearl-Qatar dan atraksi Doha lainnya, serta menikmati makan malam di restoran dengan makanan produksi lokal.

embed

Penggemar seni dan sejarah dapat mengunjungi tiga museum Qatar, yaitu Msheireb, Museum Seni Islam dan Mathaf: Museum Seni Modern Arab. Tur museum berpemandu juga termasuk transfer. Naik perahu melalui Qanat Quartier, Porto Arabia, dan Medina Centrale ditambah dengan pengalaman kuliner yang mencakup enam hidangan internasional yang berbeda dan secangkir kopi Arab akan memperkenalkan para penjelajah ke lingkungan Pearl-Qatar yang semarak di bagian multikultural ibu kota. Anda dapat berbelanja di Villaggio Mall atau City Center Mall di mana Anda dapat bersantai di salah satu dari empat belas bioskop, arena bowling, gelanggang es, delapan puluh tiga restoran, dan pusat hiburan keluarga. (youth-hostel.si)


(ACF)
TAGs: Fakta Unik