Penelitian: Hakim yang Berpuasa Ramadhan Cenderung Lebih Lunak

N Zaid - Fakta Unik 14/03/2023
Ilustrasi. Foto Pixabay
Ilustrasi. Foto Pixabay

Oase.id - Hakim Muslim lebih cenderung memberikan keputusan lunak saat berpuasa selama Ramadhan. Itu adalah kesimpulan dari sebuah penelitian. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa hakim yang belum makan memberikan keputusan yang lebih keras.

Dalam apa yang disebut sebagai "efek hakim yang lapar", sebuah studi tahun 2011 menemukan bahwa hakim di Israel lebih cenderung menolak pembebasan bersyarat penjahat sebelum mereka makan siang daripada sesudahnya.

Sultan Mehmood dari Sekolah Ekonomi Baru Rusia, penulis utama studi baru tersebut, mengatakan dia penasaran untuk melihat apakah efek yang sama terjadi selama bulan suci Ramadhan, ketika umat Islam biasanya pergi tanpa makanan atau air dari fajar hingga matahari terbenam.

Untuk mengetahuinya, Mehmood dan dua peneliti ekonomi lainnya menyaring sejumlah besar data hukuman pidana, termasuk kira-kira setengah juta kasus dan 10.000 hakim, yang mencakup periode 50 tahun di India dan Pakistan, dua dari tiga negara teratas dengan kasus terbesar yang memiliki populasi Muslim.

Mereka "terkejut" menemukan kebalikan dari efek hakim yang lapar, kata Mehmood.

Ada peningkatan "tajam dan signifikan secara statistik" dalam pembebasan dari hakim Muslim selama Ramadhan - dan tidak ada peningkatan seperti itu untuk hakim non-Muslim, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior pada Senin (13).

Mehmood mengatakan hakim Muslim di kedua negara memberikan rata-rata sekitar 40 persen lebih banyak pembebasan selama Ramadhan dibandingkan periode lain tahun ini.

Dan semakin lama para hakim pergi tanpa makanan dan air, mereka menjadi semakin lunak.

Mereka 10 persen lebih mungkin dibebaskan dengan setiap jam tambahan puasa, kata studi tersebut.

Para peneliti juga mencoba mengukur apakah keputusan yang lebih lunak lebih baik atau lebih buruk daripada yang dibuat di luar Ramadhan.

Mereka menemukan bahwa para terdakwa yang menerima keputusan lunak tidak mungkin melakukan kejahatan lain.

Tingkat residivisme umumnya sedikit lebih rendah – termasuk untuk terdakwa kejahatan kekerasan seperti perampokan bersenjata dan pembunuhan.(phsy)


(ACF)
TAGs: Fakta Unik