Puasa Sunnah di Bulan Muharram, Ini Bacaan Niat Puasa Tasu'a dan Asyura 

Octri Amelia Suryani - Puasa Asyura Puasa Tasua Bulan Muharram 16/08/2021
Gambar oleh chiplanay dari Pixabay
Gambar oleh chiplanay dari Pixabay

Oase.id - Bulan Muharram termasuk salah satu bulan istimewa bagi umat Islam. Sehingga umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah. Selain memperbanyak zikir dan selawat, ada juga anjuran untuk puasa sunnah Tasu`a dan Asyura.

Puasa Tasu`a adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 9 Muharram, tepatnya pada tanggal 18 Agustus. Sedangkan puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram yang bertepatan pada tanggal 19 Agustus. Kedua puasa sunnah ini sangat dianjurkan untuk dilakukan bagi umat Muslim di bulan Muharram.

Melaksanakan puasa Asyura diyakini dapat menghapus dosa setahun yang lalu. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Qatadah RA, ia berkata bahwa Rasulullah ﷺ bersabda:

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ ». قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ « يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Artinya: "Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa 'Asyura? Beliau menjawab, "Puasa 'Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim)

Sementara itu, dengan melaksanakan puasa sunah Tasu`a sama halnya dengan mengabulkan keinginan Rasulullah ﷺ. Seperti yang diceritakan oleh Ibnu Abbas RA, Rasulullah bersabda:

Artinya: "Kalau saya lanjut umur sampai tahun yang akan datang, niscaya saya akan berpuasa Tasu'a (tanggal 9 Muharram)." (HR. Muslim)

Hadis di atas mengacu pada pertanyaan sahabat ketika diperintahkan oleh Rasulullah ﷺ untuk berpuasa sunnah Asyura. Mereka berkomentar: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari ‘Asyura adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasrani.’ Rasulullah ﷺ pun menjawab, ‘Kalau begitu, pada tahun depan insyaallah kita berpuasa pada hari kesembilan’. Dan belum tiba tahun yang akan datang, namun Nabi ﷺ sudah wafat.” (HR. Muslim).

Bagi umat Islam, berikut bacaan niat puasa Tasu’a dan Asyura, lengkap dengan latin beserta terjemahannya:

1. Niat Puasa Tasu`a

نَوَيْتُ صَوْمَ تَاسُعَاءْ سُنَّةَ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tasu'a sunnatal lillaahita'ala

Artinya: Saya niat puasa hari tasu'a, Sunah karena Allah ta'ala.

2. Niat Puasa Asyura

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati 'Asyura lillahi ta'ala

Artinya: Saya berniat puasa sunah Asyura karena Allah Lillahi ta'ala

Demikian penjelasan singkat tentang puasa Tasu`a dan Asyura, beserta keutamaannya. Semoga kita sebagai umat Muslim dapat melaksanakannya.


(ACF)