5 Makanan Super Khas Turki yang Perlu Anda Ketahui

N Zaid - Wisata Kuliner 18/09/2023
Foto: Pixabay
Foto: Pixabay

Oase.id - Meskipun masakan Mediterania sudah dianggap sebagai makanan tersehat di dunia, masyarakat Turki memiliki sejumlah trik nutrisi tambahan dengan mengonsumsi berbagai makanan super yang unik dan kuno, banyak di antaranya sedang dalam musim panen raya.

Türkiye, dengan bentang alamnya yang beragam dan tradisi kulinernya yang kaya, memiliki harta karun berupa makanan super yang telah menyehatkan masyarakatnya selama berabad-abad. Makanan ini tidak hanya memberikan nutrisi penting tetapi juga menawarkan rasa dan tekstur unik yang menyempurnakan masakan Turki. Siapa pun yang pernah mengunjungi negara ini dapat membuktikan bahwa masakan Turki sangat menyehatkan, terutama terdiri dari produk musiman, biji-bijian, kacang-kacangan dan biji-bijian yang dibuat menjadi produk mulai dari acar hingga pasta, dan banyak lagi.

Namun, ada beberapa bahan yang kurang jelas yang mungkin tidak diketahui oleh orang asing karena kandungan nutrisinya yang lengkap. Selain itu, apakah Anda ingin atau sedang mengikuti diet tertentu, seperti menghindari gandum atau gula, beberapa bahan berikut dapat digunakan dengan terampil untuk mengubah bentuk dan mengakomodasi batasan tertentu.

Einkorn: Keajaiban gandum kuno
"Siyez" adalah kata dalam bahasa Turki untuk biji-bijian kuno yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai "einkorn" yang telah dibudidayakan di Türkiye selama ribuan tahun. Tidak seperti varietas gandum modern, einkorn mempertahankan struktur genetik aslinya, menjadikannya pembangkit tenaga nutrisi. Ternyata tinggi proteinnya, Einkhorn juga merupakan biji-bijian yang rendah gluten, artinya bagi mereka yang memiliki intoleransi atau sensitif terhadap gluten, tepung ini menjadi pilihan yang lebih optimal untuk dikonsumsi.

Meskipun tepung "siyez" selalu ada di Türkiye, tepung ini sebagian besar digunakan untuk masakan rumah oleh masyarakat di daerah pedesaan yang membeli tepung dalam jumlah besar. Namun belakangan ini, "siyez" kembali populer. Variasi tepung, roti, makanan panggang, dan bulgur kini lebih banyak tersedia di pasar petani dan toko kelontong. Roti yang terbuat dari "siyez" mungkin menyerupai roti gandum utuh berwarna coklat, namun teksturnya lebih padat, membuatnya lebih kenyal, dan memiliki rasa pedas dan sedikit manis yang khas.

Soba: Pembangkit tenaga bebas gluten
"KarabuÄźday" adalah kata dalam bahasa Turki yang berarti "gandum", yang merupakan sereal pseudoceal serbaguna dan bebas gluten yang tumbuh subur di tanah Turki. Profil nutrisinya yang kuat dan kemampuan beradaptasi di dapur menjadikannya makanan super yang telah diakui di banyak tempat di dunia, termasuk Türkiye. Salah satu contohnya adalah mie soba yang terkenal di Jepang. Di Türkiye, soba digunakan sebagai tepung untuk roti atau menirnya sebagai bahan dasar pilaf.

Meskipun namanya mengandung kata “gandum”, soba sebenarnya tidak mengandung gandum sama sekali, sehingga secara alami bebas gluten dan karenanya merupakan pilihan ideal bagi mereka yang menderita penyakit celiac atau sensitif terhadap gluten. Sementara itu, dengan mengandung kedelapan asam amino esensial, soba juga kaya akan protein nabati, serat, vitamin, dan mineral. Soba juga kembali populer dan berfungsi sebagai pengganti gandum olahan bebas gluten yang ideal dan tersedia di pasar dalam bentuk tepung, bulgur, dan roti. Kebanyakan tepung bebas gluten terdiri dari jagung dan beras, yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi jika dibandingkan dengan soba.

Tahini : Dinamo nutrisi yang creamy
Tahini, makanan pokok masakan Turki, adalah pasta yang terbuat dari biji wijen. Rasanya tidak hanya lezat, gurih, dan manis, tetapi juga menawarkan banyak nutrisi dan manfaat kesehatan. Kaya akan lemak sehat, sumber protein yang baik dan juga mengandung antioksidan serta vitamin dan mineral, ini sangat serbaguna. Dapat digunakan sebagai saus, olesan atau saus, dipanggang menjadi makanan penutup atau bahkan sebagai pengganti tepung untuk roti.

Bagi mereka yang yakin mereka tidak menyukai tahini, saya mohon Anda mempertimbangkannya kembali. Bagi sebagian orang, penampilannya di antara selai manis dan madu yang disajikan saat sarapan ala Turki mungkin tidak disukai dan pengolesannya pada roti disertai dengan pekmez, yaitu molase anggur, mirip dengan Marmite Australia; ini adalah rasa yang hanya bisa dirasakan oleh segelintir orang terpilih. Namun, jangan biarkan kesan pertama ini membuat Anda percaya bahwa ini adalah tahini terbaik.

Namun, kombinasi tahini/pekmez memang merupakan pembangkit tenaga nutrisi, dan fakta ini tidak dapat disangkal oleh siapa pun. Fakta yang kurang diketahui adalah bahwa Türkiye memproduksi jenis tahini yang sangat istimewa, yang terbuat dari biji wijen emas. Jenis premium ini diekspor dari Türkiye ke Jepang untuk dijadikan sushi, sehingga kurang tersedia di Türkiye. Namun bagi mereka yang tahu, musim panen wijen akan segera tiba dan beberapa petani menyisihkan sebagian wijen emas untuk menyiapkan tahini dalam bentuk terbaik, yang jika dibuat dari wijen emas dan dipanggang dua kali, rasanya benar-benar nikmat. Memang sulit mendapatkannya, namun dapat dibeli di toko rempah-rempah, toko charcuteries dan halva, serta di pasar petani.

Inilah alasan mengapa tahini enak: Dicampur dengan air, lemon, dan rempah-rempah, tahini bisa menjadi pengganti produk susu yang bagus untuk saus salad atau saus apa pun. Saat dipanggang sendiri, tahini menjadi hampir karamel, menjadikannya makanan penutup bebas gula yang enak, yang cenderung dicelupkan ke dalam roti oleh orang Turki. Tahini juga mengalami peran baru sebagai pengganti tepung untuk roti bebas gluten dan keto. Meski tidak rendah kalori, adonan roti segar dan trendi ini dibuat dengan mencampurkan tahini dengan telur, baking powder, dan garam.

Pekmez: Ramuan manis dari alam
Pekmez alias molase, pemanis alami yang terbuat dari jus buah, merupakan bahan favorit dalam masakan Turki. Seperti disebutkan, pekmez anggur yang dicampur dengan tahini, tidak seperti selai kacang dan selai, dan diolesi roti adalah kebiasaan kuliner yang teguh di Türkiye. Mempersiapkan pekmez, di mana buah-buahan direbus selama berjam-jam, juga merupakan kegiatan komunal bagi sebagian besar penduduk desa, yang akan segera menyiapkan molase anggur dan delima saat musim panen tiba.

Meskipun tidak harus dikonsumsi sendiri-sendiri, kecuali sesendoknya dikonsumsi untuk meningkatkan zat besi atau jumlah darah merah, pekmez menawarkan alternatif yang lebih sehat daripada gula rafinasi. Bagi banyak rumah tangga, molase ini berfungsi sebagai pengganti gula rafinasi dalam pembuatan kue dan makanan penutup lainnya. Hal ini menjadikan pekmez pengganti gula kaya nutrisi yang optimal ketika Anda ingin memuaskan rasa manis Anda. Ada juga trik kuno di Türkiye yaitu membuat secangkir teh palsu untuk anak-anak dengan mencampurkan pekmez dengan air sebagai alternatif sehat untuk minuman berkafein yang mungkin didambakan anak-anak.

Benih Nigella: Pembangkit tenaga 
"Çörekotu", alias biji nigella, juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai jintan hitam atau biji kalonji, adalah biji kecil namun kuat yang sering digunakan dalam masakan Turki. Mereka menawarkan semburan rasa dan kontras warna serta mengandung manfaat nutrisi yang luar biasa. Disebut sebagai “benih berkah” dalam bahasa Arab, biji nigella telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Mereka dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan fungsi otak dan melindungi terhadap diabetes dan penyakit jantung. Biji nigella kaya akan antioksidan yang melawan stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh.

Meskipun minyak dari biji ini juga tersedia dalam bentuk larutan dan suplemen, di sini di Türkiye, bijinya sendiri banyak sekali dimasukkan ke dalam hampir setiap produk yang dipanggang. Artinya, mulai dari roti pipih hingga kue kering, dan makanan penutup lainnya, serta salad dan makanan sampingan seperti piring keju, "çörekotu". Biji nigella hanyalah salah satu bahan yang sangat menyehatkan yang tanpa disadari di konsumsi secara teratur. Jadi, lakukanlah seperti orang Turki dan ambillah tas dan taburkan biji hitam pekat di mana pun Anda mau.(dailysabah)


(ACF)