Studi Mengungkap Tren Kuliner Türkiye: Döner, Bakso Pilihan Utama

N Zaid - Wisata Kuliner 30/04/2024
Foto: AA
Foto: AA

Oase.id - Studi baru-baru ini yang dilakukan oleh sebuah bank terkemuka di Turkiye telah menyoroti kebiasaan makan di negara tersebut. Ada wawasan menarik yang terungkap mengenai preferensi konsumen dan pola pengeluaran dalam sektor makanan dan minuman.

Berdasarkan temuan tersebut, yang menekankan pentingnya pilihan makanan, sebagian besar pengeluaran kartu kredit diarahkan ke restoran döner (kebab gaya Turki) dan köfte (bakso). Pengungkapan ini menggarisbawahi popularitas kuliner favorit ini di kalangan konsumen Turki.

Penelitian tersebut, yang dilakukan untuk menganalisis pola makan di Türkiye pada tahun 2023, menyoroti tren yang konsisten dalam penggunaan kartu kredit untuk bersantap di luar, dengan restoran döner dan köfte menempati peringkat sebagai pilihan belanja utama sepanjang tahun. Di belakangnya ada kebab, pide (roti pipih khas Turki), dan burger.

Döner juga menjadi agenda dunia ketika 60 kilogram (133 pon) döner kebab diangkut dari Berlin untuk diperuntukkan bagi Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier selama kunjungannya ke Türkiye.

Salah satu penyimpangan signifikan dari norma yang ada terlihat di Tekirdağ, di mana preferensinya lebih condong ke arah döner dibandingkan köfte, sehingga bertentangan dengan tren nasional yang lebih luas. Demikian pula, kota-kota lain seperti Çanakkale, Izmir, Antalya dan beberapa kota lainnya di tujuh wilayah Türkiye menunjukkan kecenderungan terhadap pendirian döner, meskipun preferensi regionalnya berbeda-beda.

Menariknya, penduduk wilayah Marmara, kecuali Tekirdağ dan Çanakkale, menunjukkan kecenderungan yang berbeda terhadap köfte, yang membedakan mereka dari tren yang lebih luas yang menyukai döner. Sementara itu, Tunceli menonjol karena preferensinya terhadap kebab, sementara kota-kota seperti Bolu, Afyonkarahisar, dan Zonguldak menunjukkan ketertarikan yang kuat terhadap pide.

Dalam hal pengiriman ke rumah, Edirne dan Izmir muncul sebagai kota terkemuka, dengan proporsi pesanan tertinggi yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Istanbul mengamankan posisi ketiga dalam hal ini, diikuti oleh Kırklareli, Çanakkale dan Tekirdağ, yang menekankan semakin populernya pilihan tempat makan yang nyaman di kalangan penduduk perkotaan.(dailysabah)
 


(ACF)