7 Tips Menghindari Dehidrasi Saat Berpuasa

Siti Mahmudah - Puasa Ramadhan Tips Kesehatan 15/04/2022
Air dingin (Gambar oleh Colin Behrens dari Pixabay)
Air dingin (Gambar oleh Colin Behrens dari Pixabay)

Oase.id - Pada bulan Ramadhan ini, umat muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan. Puasa merupakan ibadah yang dilakukan umat muslim untuk menahan nafsu dari makan, minum dan hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. 

Saat berpuasa, sering kali kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Sementara harus menjalankan aktivitas normal sehari-hari. Lalu bagaimana cara menghindari agar tidak terjadi dehidrasi?

Berikut ini Oase.id membagikan beberapa tips menghindari dehidrasi saat berpuasa yang diambil dari komparasi jurnal penelitian.

1. Tetap minum air mineral 8 gelas sehari

Berdasarkan jurnal penelitian, untuk menghindari dehidrasi saat puasa, disarankan untuk meminum air mineral sebanyak 2,5 liter per hari atau 8 gelas. Hal ini bisa dilakukan saat berpuasa, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Mengonsumi buah dan sayuran segar

Tips menghindari dehidrasi saat berpuasa selanjutnya adalah mengonsumsi  buah dan sayuran segar. Karena, bisa bikin kenyang dan mengandung cukup banyak air. Pastinya bisa dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

3. Tidak banyak tidur

Kebanyakan orang, tidur saat berpuasa merupakan ibadah. Namun, jangan salah lho, ketika tidur, cairan juga akan tetap dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini disebut dengan istilah insensible water loss atau kehilangan cairan yang tidak terasa. Jadi, pastikan tidur yang cukup dan tidak berlebihan, supaya cairan dalam tubuh tidak semakin banyak yang hilang.

4. Minum susu dan air kelapa

Minum susu dan air kelapa menjadi solusi untuk menghindari dehidrasi. Studi penelitian memaparkan, susu mengandung protein yang tinggi, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit yang dapat menghindari terjadinya dehidrasi. Sementara, air kelapa mengandung isotonik dan elekrolit alami untuk mengatasi dehidrasi.

5. Makan buah yang mengandung banyak air

Cairan tidak hanya didapatkan dari minuman saja, lho. Tetapi bisa dari makanan. Buah-buahan misanya. Seperti, buah semangka, melon jeruk, nanas, stroberi, mentimun, tomat, belimbing, blewah, dan lain sebagainya. Mengapa demikian? Selain rasanya enak, juga mencukupi kebutuhan air serta dapat memberi nutrisi menjaga stamina saat berpuasa tetap sehat dan terjaga.

6. Mengurangi minum kopi

Terlalu banyak minum kopi dapat mempercepat tubuh kehilangan cairan. Karena, mengandung kafein yang membuat sulit tidur dan berdampak pada tubuh lemas di siang hari. Sebaiknya, kurangi minum kopi secara berlebihan.

7. Jangan terlalu banyak makan makanan asin saat sahur

Studi penelitian menjelaskan, makanan bergaram dapat membuat haus yang terus menerus sampai mengalami dehidrasi. Mengapa demikian? Sebab, garam berpengaruh dalam mengatur cairan di dalam tubuh, termasuk saat berpuasa.

Jadi, jangan terlalu banyak makan makanan mengandung garam, ya. Karena akan membuat sistem pengaturan cairan dalam tubuh tidak sempurna. Sebaiknya imbangi konsumsi berlebihan, agar tubuh tetap terjaga secara seimbang.


(ACF)