Doa Memohon Ketenangan Hati Saat Menghadapi Persoalan

Siti Mahmudah - Doa Sehari-hari 03/03/2021
Photo by Abdullah Ghatasheh from Pexels
Photo by Abdullah Ghatasheh from Pexels

Oase.id - Suasana hati manusia seringkali diliputi rasa sedih, gundah dan resah. Munculnya rasa tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, saat kamu ditimpa masalah dan beberapa persoalan yang tidak kunjung selesai.

Meminta pertolongan kepada Alah SWT merupakan solusi terbaik. Selain hati kita akan jauh lebih tenang, juga dihilangkan dari rasa gelisah dan akan lebih mendapatkan kemudahan.

Berikut ini doa memohon ketenangan saat menghadapi persoalan:

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ
 

"Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika."
 
Artinya:
"Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu." 
 
Doa di atas berdasarkan hadits Nabi SAW dari Imam Thabrani dari Abu Umamah yang berkata:


أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ قَالَ لِرَجُلٍ قُلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً ، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ ، وَتَرْضَى بuقَضَائmَ , وَتَقْنَعُ بِعَطَائِكَ

Sesungguhnya Nabi SAW berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, "Allahumma inni as-aluka nyafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika."


(ACF)
Achmad Firdaus
Posted by Achmad Firdaus