Jangan Asal Beli, Ini Cara Mengetahui Kualitas Kurma yang Baik

Phooby Kamaratih - Ramadan 2020 21/04/2020
Photo by Jacqueline Macou from Pixabay
Photo by Jacqueline Macou from Pixabay

Oase.id– Kehadiran bulan Ramadan kerap ditandai dengan melimpahnya stok kurma di pasaran. Buah kurma, sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Khasiat yang terkandung di dalamya pun melimpah. Di antaranya, buah mungil ini kaya nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. 

Akan tetapi, tidak semua kurma yang dijual memiliki kualitas bagus. Sebelum membeli, yuk cek kondisi kurma dengan memperhatikan hal-hal berikut;

 

Ukuran

Kurma yang segar cenderung memiliki ukuran yang lebih besar ketimbang yang lain. Saat dengan membeli kurma, jangan pilih kurma yang berbentuk kecil dan keriput karena bisa jadi itu menunjukkan stok lama. 

Kurma, biasanya akan menyusut dari bentuk semula sesuai dengan masa dan lamanya penyimpanan. 

 

Baca: Jelang Ramadan, Kurma 'Corona' Hadir di Mesir

Kemasan

Jika berniat membeli kurma kemasan, tentu upayakan memilihnya yang masih dalam kondisi bungkus yang baik. Kemasan yang rusak akan berpengaruh pada tekstur, rasa, kualitas, sampai kebersihan kurma. 

 

Warna

Soal warna, yang perlu diingat adalah tidak semua kurma yang berwarna hitam memiliki tingkat kematangan yang pas dan sempurna. Karena di beberapa jenis kerap ditemui, makin hitam warna kurma tersebut, kian menunjukkan berasal dari proses penyimpanan yang terlalu lama.

Pilihlah kurma yang masih berwarna coklat kekuningan-kuningan. Kurma dengan kondisi ini merupakan opsi paling baik agar tetap bisa dinikmati tanpa risiko.

Baca: Menyimpan Frozen Food Selama PSBB, Jangan Lupa Perhatikan Ini

 

Tekstur

Perhatikan tekstur kurma dengan saksama. Pilahlah kurma dengan tekstur yang tidak terlalu lengket.

Di pasaran, justru banyak penjual yang menyediakan kurma dengan tekstur yang lengket. Padahal, boleh dicurigai bahwa rasa manis dan mengkilapnya kurma tidak murni karena berasal dari cairan gula atau madu yang disiramkan demi memperkuat rasa di dalamnya. 

 

Aroma

Kurma yang masih segar memiliki aroma manis yang khas. 

Kasus aroma yang berbeda biasanya sering ditemukan dalam kurma curah. Jika sudah mengeluarkan bau asam yang menyengat, sangat dipastikan kurma itu sudah tidak layak dimakan.


(SBH)
TAGs: Ramadan 2020