Menyimpan Frozen Food Selama PSBB, Jangan Lupa Perhatikan Ini

Phooby Kamaratih - Keluarga 19/04/2020
Photo by MyFoodie from Freepik
Photo by MyFoodie from Freepik

Oase.id– Menyimpan frozen food alias makanan beku bisa dijadikan pilihan selama berlakunya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat adanya ancaman virus korona (Covid-19). Selain awet, produk-produk ini juga memudahkan peminatnya untuk memasak dan menyajikannya secara lebih praktis.

Akan tetapi, meskipun memiliki umur panjang dalam media penyimpanan makanan, kelayakan dan kualitas frozen food juga mesti diperhatikan secara rutin dan berkala.

Berikut adalah beberapa tips pengecekan kualitas makanan beku yang kamu simpan di rumah; 

 

Menuliskan waktu awal pembekuan

Jika ingin membekukan makanan, jangan lupa, tulislah tanggal saat pertama kali memasukannya ke dalam frezzer. Hal ini sangat penting dan akan berpengaruh terhadap batas-batas dan ketentuan masa penyimpanan makanan. 

Contoh, udang bisa bertahan dalam keadaan beku selama 3-6 bulan. 

Baca: Lakukan Ini agar Stamina Tetap Terjaga Selama WFH

 

Cek kemasan

Jika menemukan kemasan sobek pada produk makanan beku, itu akan menjadikan frozen food mengalami potensi busuk lebih awal. Sebelum memasaknya, coba perhatikan seberapa besar sobekan yang terdapat pada kemasan tersebut.

Jika terapat celah atau lubang cukup besar, sebaiknya makanan tersebut tidak dikonsumsi karena  sangat mungkin sudah terjadi pembusukan.

 

Perubahan tekstur

Perubahan tekstur merupakan salah satu tanda pada makanan yang sudah membusuk. Sayuran segar, misalnya, jika dimasukkan ke dalam freezer terlalu lama maka akan terlihat kusam dan berlendir. 

Meski barangkali masih aman untuk dikonsumsi, akan tetapi sayuran itu nyaris pasti tidak akan menghasilkan hidangan lezat setelah dimasak.

 

Terdapat genangan

Jika bahan makanan sudah melekat pada dinding kulkas, sudah bisa dipastikan makanan itu tidak bagus untuk dikonsumsi. 

Lapisan es di sekeliling makanan kemungkinan besar sudah pernah mencair sebelumnya. Hal ini menyebabkan ada beberapa titik genangan air dalam bahan makanan yang bisa menyebabkan tidak aman lagi untuk dikonsumsi.

Baca: Tips Menjaga Makanan biar Awet Selama PSBB

 

Tak perlu dibekukan kembali

Ada beberapa makanan yang tak perlu dibekukan kembali ketika sudah mencair. Sebab, hal ini dikhawatirkan akan mengurangi kualitas dan nutrisi pada makanan. 

Contohnya, daging, ikan, kaldu, jus buah, dan pasta.

Pasta tidak perlukan dibekukan kembali karena olahan tersebut mengandung susu yang akan membuatnya mudah basi atau terkena bakteri setelah mencair. Belum lagi, kandungan saus tomat dalam olahan tersebut ditakitkan juga akan membuat pasta terasa makin asam.


(SBH)
TAGs: Keluarga
Sobih AW Adnan
Posted by Sobih AW Adnan