Jelang Ramadan, Kurma 'Corona' Hadir di Mesir

Antara - Ramadan 2020 17/04/2020
Photo by Mohamad Trilaksono from Pixabay
Photo by Mohamad Trilaksono from Pixabay

Oase.id- Orang Mesir terkenal suka memberi nama unik pada kurma. Dua tahun belakangan, Mohamed Salah, nama pemain bola asal Negeri Piramida yang merumput di klub Liverpool pun dijadikan nama salah satu jenis kurma.

Tahun ini, kurma 'corona' juga hadir di Mesir. Satu kilo gramnya dijual dengan harga 25 pound (sekira Rp24 ribuan).

 

"Kita biasa menamai kurma dengan berbagai nama setiap tahun," kata penjual kurma di pasar grosiran di Moqattam, Kairo Ahmed Amin dilansir dari Arab News, Jumat, 17 April 2020.

Amin menyebut, biasanya nama kurma diambil dari apa yang sedang tren tahun itu. Pernah juga, nama pemain bola Mesir Mohamed Aboutrika menjadi nama kurma paling mahal saat itu.

Sebelumnya, ada kurma bernama Mohamed Ramadan (aktor Mesir), penari perut Sofinar, dan bahkan Shakira.

Ada juga nama kurma berdasarkan nama-nama aktris Mesir seperti Laila Elwy dan El-Shabah. Tujuannya supaya konsumen tertarik.

Manajer pasar yang berafiliasi dengan perusahaan milik pemerintah Al-Ahram Consumer Complexes Company, Mohamed Kamal mengatakan, saat ini stok kurma di Mesir aman.

Ada 200 kilogram kurma kering di pasar dengan harga antara 11 sampai 16 pound Mesir.

Kurma yang setengah kering adalah yang paling diminati. Harganya 15 pound Mesir per 700 gram kemasan.

Meski ada nama kurma 'corona', penjual kurma di Mesir memiliki slogan "kami tak kena corona". Para penjual pun tampak mengenakan sarung tangan dan masker.


(SBH)
TAGs: Ramadan 2020