Ingin Download Jadwal Imsakiyah Ramadan 1441 H/2020 Versi Kemenag? Begini Caranya

Sobih AW Adnan - Ramadan 2020 18/04/2020
Photo by Mohamed Hassan from Pixabay
Photo by Mohamed Hassan from Pixabay

Oase.id- Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam telah menerbitkan jadwal imsakiyah untuk bulan Ramadan 1441 H/2020.

Format jadwal imsakiyah yang tersaji berisi kolom tanggal, jadwal imsak, serta jam masuk salat fardu yang telah disesuaikan dengan waktu di 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Jadwal imsakiyah sangat penting dimiliki saat Ramadan, terutama untuk mengetahui batas waktu imsak dan beduk berbuka puasa.

Nah, bagi yang ingin mengunduh jadwal imsakiyah, berikut adalah langkah-langkahnya;

1. Kunjungi halaman jadwal imsakiyah Ditjen Bimas Islam Kemenag RI melalui alamat https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah. Lebih praktis lagi, calon pengunjung bisa langsung diarahkan ke halaman tersebut dengan memindai kode batang (QR code) yang tercetak di poster terbitan Kemenag RI.

embed

Photo by Ditjen Bimas Islam Kemenag RI

 

Baca: Doa Menyambut Datangnya Bulan Ramadan

 

2. Setelah masuk, sesuaikan nama Provinsi dan Kabupaten/Kota dengan cara menggulir (scroll) ke arah bawah. Pilih nama wilayah yang menjadi tempat domisilimu, atau daerah yang ingin kamu ketahui jadwal imaskiyahnya.

embed

Photo by Ditjen Bimas Islam Kemenag RI

 

3. Usai memilih nama Provinsi dan Kabupaten/Kota, kamu bisa langsung memproses data dengan mengklik ikon pencarian (loop) yang ada di bagian bawah. Tunggu beberapa detik, data pun akan tersajikan lengkap untuk 30 hari selama Ramadan.

Baca: Cerita Benang Hitam dan Putih Sebelum Ramadan

 

4. Jika kamu ingin langsung mengunduhnya, silakan klik ikon download/export bergambar awan (cloud) yang berada persis di samping ikon pencarian.

Tunggu sebentar, dan data pun sudah terunduh di desktop maupun ponsel yang kamu gunakan. Jadwal imsakiyah akan tersaji dalam format Microsoft Excel.

embed

Photo by Ditjen Bimas Islam Kemenag RI

 

Sekadar tambahan, awal Ramadan tahun ini diperkirakan jatuh pada hari Jumat, 24 April 2020. Sementara sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1441 H direncanakan diselenggarakan pihak Kemenag RI pada Kamis, 23 April 2020.


(SBH)
TAGs: Ramadan 2020